Kasus Covid-19 Melonjak, Viral Jokowi Lempar Kaus ke Kerumunan Warga

Desy Setyowati
5 Februari 2022, 12:17
jokowi, covid-19, omicron, corona, virus corona
Twitter/@jantungpisang
Cuplikan video Presiden Jokowi membagikan kaus ke kerumunan warga

Video yang menggambarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melempar kaus baru ke kerumunan warga viral di media sosial. Ini mengingat Indonesia tengah mencatatkan peningkatan kasus harian Covid-19, terutama varian Omicron.

Pengguna media sosial dengan nama akun @jantungpisang membagikan video saat Presiden Jokowi melempar beberapa kaus baru yang diambil dari dalam mobilnya ke kerumunan warga. Berdasarkan konten berdurasi 44 detik itu, kaus yang dibagikan masih terbungkus plastik.

Namun tidak disebutkan waktu, lokasi maupun dalam rangka apa pemimpin negara itu memberikan pakaian.

Akan tetapi, Jokowi melakukan kunjungan kerja di Sumatera Utara baru-baru ini. Ia membagikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada pedagang kaki lima dan warung di Pasar Kebun Lada, Binjai, Jumat (4/2).

Kepala Negara membagikan bantuan sebesar Rp 1,2 juta per orang. BLT ini bertujuan meringankan beban pedagang yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Namun hal itu kemudian menimbulkan kerumunan masyarakat. Para pedagang tampak berebut mencari posisi untuk memotret kehadiran Mantan Wali Kota Solo itu.

Beberapa warga juga terlihat mengulurkan tangan untuk mendapatkan suvenir dari Jokowi. Selain tak menjaga jarak, terdapat pedagang yang tidak mengenakan masker.

Meski begitu, salah satu pedagang berharap Jokowi dapat kembali ke Binjai. "Kalau bisa Pak Jokowi sering-sering datang ke Binjai," ujar pedagang Pasar Kebun Lada Teti Sihole.

Sehari sebelumnya, Jokowi juga menyerahkan bantuan langsung tunai kepada pedagang kaki lima dan warung di Pasar Porsea, Toba Samosir, Sumatera Utara. Namun, berdasarkan video yang dipublikasi Sekretariat Presiden, sejumlah masyarakat tampak berdesakan di bahu jalan untuk menyaksikan.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...