KAI Gaet Summarecon Kembangkan Kawasan Pusat Transit di Stasiun Bekasi

Desy Setyowati
10 Maret 2022, 19:39
KAI, summarecon Agung, Stasiun Bekasi, summarecon, bekasi,
KAI dan Summarecon Agung
KAI menandatangani MoU dengan Summarecon Agung soal pembangunan akses di Stasiun Bekasi dalam rangka pengembangan kawasan berorientasi transit di Stasiun Bekasi, pada Kamis (10/3/2022).

Kereta Api Indonesia (KAI) bekerja sama dengan Summarecon Agung. Kolaborasi ini terkait pembangunan akses di Stasiun Bekasi dalam rangka pengembangan kawasan berorientasi transit alias Transit Oriented Development (TOD) Summarecon Bekasi.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, kerja sama itu selaras dengan visi perusahaan yaitu menjadi solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia. Ia optimistis, pengembangan kawasan TOD di Stasiun Bekasi akan memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan perkembangan bisnis kedua perusahaan.

“Sinergi ini juga akan mengembangkan visi dan misi KAI untuk membangun transportasi yang berkelanjutan, serta aman, nyaman, dan sehat," ujar Didiek dalam keterangan pers, Kamis (10/3).

Sebagai langkah awal, Summarecon akan membangun terminal multimoda. Fasilitas ini bakal terhubung langsung dengan Stasiun Bekasi menggunakan skybridge sepanjang 510 meter.

Terminal multimoda itu akan menjadi hub kawasan di sekitarnya yaitu area perumahan, perkantoran, dan mixed use super block.

KAI akan membuat tim bersama untuk melakukan kajian, mengurus perizinan hingga menyusun timeline agar eksekusinya dapat terpantau. “Maka, rencana kerja sama yang kami tuangkan dalam MoU bisa tereksekusi dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Didiek.

Ia menyampaikan, KAI terus membangun integrasi dan konektivitas transportasi massal, khususnya di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Peningkatan konektivitas diharapkan dapat meningkatkan penggunaan transportasi massal.

Kolaborasi itu juga merupakan salah satu upaya KAI dalam mengoptimalkan aset perusahaan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...