Usai Cina Marah soal Kunjungan Pelosi, 2 Kapal Perang AS Lewati Taiwan

Desy Setyowati
28 Agustus 2022, 16:14
Taiwan, amerika, Cina, pelosi
123rf.com
Konflik Taiwan vs Cina

Ketegangan Cina dan Taiwan meningkat setelah kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi pada awal Agustus (3/8). Kini, dua kapal perang Angkatan Laut AS berlayar melalui perairan internasional di Selat Taiwan pada hari ini (28/8).

Angkatan Laut AS mengatakan kapal penjelajah Chancellorsville dan Antietam sedang melakukan operasi. “Operasi semacam ini biasanya memakan waktu delapan hingga 12 jam untuk diselesaikan dan diawasi secara ketat oleh militer Cina,” demikian dikutip dari Reuters, Minggu (28/8).

"Kapal-kapal (Amerika) ini transit melalui koridor di selat yang berada di luar laut teritorial negara pantai mana pun," kata Angkatan Laut AS.

Operasi itu menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Instansi mengatakan, militer AS terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan hukum internasional.

Kementerian pertahanan Taiwan menyampaikan, kapal-kapal itu berlayar ke arah selatan. Pasukan negara pun mengamati. “Situasinya seperti biasa,” ujarnya.

Komando Teater Timur militer Cina mengatakan, mereka mengikuti kapal-kapal itu dan memberi peringatan. "Pasukan tetap siaga tinggi dan siap untuk menggagalkan provokasi kapan pun," katanya dalam pernyataan resmi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...