Vietnam Kalahkan RI 2-0 di Piala AFF Pertama Kali Sejak 26 Tahun

Desy Setyowati
10 Januari 2023, 06:48
piala aff, vietnam, shin tae yong
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Quang Hai dalam pertandingan leg 2 babak semi final Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Senin (9/1/2023).

Vietnam mengalahkan Indonesia 2-0 dalam leg kedua semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1). Pelatih tim nasional Vietnam Park Hang-seo mengatakan, ini pertama kalinya sejak 26 tahun.

"Sebelum pertandingan, saya mengatakan kepada para pemain untuk memenangkan laga agar generasi baru Vietnam tidak lagi terbebani dengan hal itu," ujar Park dalam konferensi pers setelah pertandingan di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, dikutip dari Antara (10/1).

Kemenangan terakhir timnas Vietnam atas Indonesia di Piala AFF 1996. Ketika itu, Vietnam menaklukkan Indonesia dengan skor 3-2.

Dengan kemenangan atas Indonesia 2-0 kali ini, timnas Vietnam melaju ke final turnamen Piala AFF 2022.

Bagi Park Hang-seo, itu menjadi final kedua di Piala AFF sejak menangani timnas Vietnam pada 2017. Dia pernah membawa Vietnam menjadi juara pada 2018.

Itu juga menjadi final keempat Vietnam sepanjang sejarah Piala AFF setelah 1998, 2008 dan 2018. Dari tiga final itu, Vietnam dua kali keluar sebagai kampiun yakni pada 2008 dan 2018.

Di final Piala AFF 2022, Vietnam akan menghadapi laga final melawan pemenang dari semifinal lainnya yang mempertemukan Malaysia dan Thailand.

Pertandingan leg kedua semifinal Thailand versus Malaysia itu digelar hari ini (10/1) di Stadion Thammasat, Rangsit, Thailand. Pada leg pertama di Kuala Lumpur, Malaysia, Thailand tunduk 0-1.

Sedangkan bagi timnas Indonesia, kekalahan dari Vietnam membuat mereka gagal memenuhi target PSSI untuk menjadi juara Piala AFF 2022.

Namun pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengunggah potongan video laga Vietnam vs Indonesia di Instagram, yang memperlihatkan tekel-tekel keras pemain Vietnam Doan Van Hau.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 신태용 (@shintaeyong7777)

Park Hang-seo enggan mengomentari unggahan tersebut.

"Saya tidak aktif di media sosial. Jadi saya tidak bisa mengomentari soal itu," kata Park.

Namun, juru taktik itu menyebut bahwa unggahan Shin itu bisa memengaruhi sikap pemain Indonesia terhadap Doan Van Hau.

"Sebagai pelatih kepala, saya dan pelatih Shin mempunyai kekhawatiran sendiri terhadap pertandingan yang biasanya hilang begitu laga usai. Akan tetapi, saya pikir tidak terlalu bagus kalau ada sikap lanjutan terhadap pemain lawan," tambah Park.

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait