Jokowi Resmi Melarang Ekspor Bauksit Mulai Hari Ini

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Juni 2023, 15:12
Larangan ekspor bauksit, bauksit
123RF
Foto ilustrasi ekstraksi bauksit dengan metode terbuka di tambang perusahaan penambangan dan pengolahan.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melarang ekspor bauksit per hari ini (10/6). Hal ini karena tidak ada kemajuan pembangunan fasilitas pemurnian alias smelter.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan kewajiban penyetopan ekspor bauksit berlanjut, karena tak ada kemajuan pembangunan fasilitas pemurnian bauksit.

"Ya seharusnya pelaku usaha bauksit mau bangun smelter dong. Ada kerja sama lah," kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (9/6).

Kementerian ESDM mendorong pelaku usaha bauksit untuk tetap melanjutkan pembangunan fasilitas pemurnian dan pengolahan mineral.

"Pinsipnya kita (pelaku usaha) membangun smelter untuk membuat nilai tambah di dalam negeri. Masa iya mau ambil untungnya saja, sedangkan negara diberi sisa-sisa," Arifin menambahkan.

Di satu sisi, PT Freeport Indonesia dan PT Amman Mineral Nusa Tenggara mendapatkan perpanjangan izin ekspor tembaga hingga Mei 2024. Ini karena capaian pembangunan smelter keduanya melebihi 51% per Januari 2023.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Freeport: pembangunan smelter tembaga baru di kawasan industri Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik 61,5% hingga kuartal I 2023
  • Amman Mineral: pembangunan smelter tembaga di Kawasan Batu Hijau 51,63% per Januari 2023.

Sementara itu, Arifin mengatakan ada empat smelter bauksit yang sudah ada atau existing dengan total serapan 13,9 juta ton. Keempat fasilitas ini memproduksi 4,3 juta ton alumina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...