Dorong Transaksi saat Ramadan, Blibli Bakal Luncurkan Fitur Paylater

Blibli menargetkan soft launching paylater dilakukan sebelum lebaran. Selain itu, e-commerce ini merilis Blibli Hasanah.
Image title
28 April 2020, 19:01
Dorong Transaksi saat Ramadan, Blibli Bakal Luncurkan Fitur Paylater
ANTARA FOTO/Audy Alwi
Senior Vice President of Marketing Blibli.com I Gusti Ayu Fadjar (kedua kanan) dan Senior Vice President of Trade Partnership Lay Ridwan Gautama (kanan), secara simbolis menyerahkan kunci kepada pelanggan Blibli.com, di Jakarta, Selasa (28/11/2018).

Beberapa startup e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak dan Shopee sudah menyediakan layanan bayar kemudian alias paylater. Kini, giliran Blibli yang ingin meluncurkan layanan pembayaran serupa untuk memenuhi kebutuhan konsumen saat ramadan.

Perusahaan menargetkan, fitur paylater bisa diluncurkan sebelum lebaran. Executive Vice President of Digital Products & Automotive Category Blibli Lay Ridwan Gautama menjelaskan, fitur ini dibuat dengan mempertimbangkan kebutuhan konsumen.

Fitur tersebut akan menambah metode pembayaran di Blibli menjadi sembilan. (Baca: Tahun Ini, OVO Luncurkan Fitur Paylater dan Investasi)

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa bertransaksi dengan mencicil tanpa kartu. "Awal bulan bisa belanja. Konsumen diberi waktu sampai 30 hari bayar tagihannya," kata Lay saat video conference, Selasa (28/4). 

Rencanannya, layanan paylater diluncurkan pada paruh kedua tahun ini. Namun, Blibli menyadari bahwa transaksi biasanya meningkat saat ramadan dan lebaran.

Karena itu, perusahaan akan menggelar soft launching fitur paylater tersebut. "Member Blibli yang existing akan kami berikan fasilitas (paylater) itu," ujar dia.

Tokopedia lebih dulu menyediakan metode pembayaran paylater melalui OVO. Begitu pun dengan Shopee dan Bukalapak.

(Baca: Gandeng Kredivo, LinkAja Luncurkan Paylater Bulan Ini)

Riset dari Dailysocial mengungkapkan, layanan paylater di OVO paling banyak digunakan pada tahun lalu. Dari 347 responden, 51,9% menggunakan Paylater milik OVO. Posisi kedua Gojek, mencapai 49,9%. Ketiga Shopee 34,8%.

Dari sisi kesadaran masyarakat akan produk, OVO paylater menempati urutan pertama yakni 93%. Lalu Gojek, Traveloka, Shopee, Pegipegi, Kredivo, Akulaku, dan Bukalapak yaitu 83%, 76,7%, 65,2%, 38,8%, 33,9%, 27,8%, dan 5,6% secara berturut-turut.

Selain metode pembayaran dengan paylater untuk kebutuhan ramadan, Blibli meluncurkan fitur Blibli Hasanah. Melalui layanan anyar ini, perusahaan mengurasi produk guna mempermudah masyarakat dalam mencari berbagai kebutuhan harian saat ramadan. 

Berbagai produk yang tersedia di antaranya makanan, kesehatan, zakat hingga busana untuk pria maupun perempuan. (Baca: Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Video Pilihan

Artikel Terkait