Setelah PHK Karyawan, Gojek dan Grab Fokus Pada 3 Layanan Ini

Desy Setyowati
23 Juni 2020, 22:39
Setelah PHK Karyawan, Gojek dan Grab Fokus Pada 3 Layanan Ini
ANTARA FOTO/YULIUS SATRIA WIJAYA
Ilustrasi, sejumlah pengemudi ojek daring (online) menunggu penumpang di depan Stasiun Pondok Cina, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa (11/6/2019).

Perusahaan penyedia layanan on-demand Gojek dan Grab mengumumkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan bulan ini imbas pandemi corona. Kedua decacorn ini juga menyetop beberapa layanan.

Gojek memecat 430 pegawai atau 9% dari total karyawan. Pekerja yang dipecat sebagian besar merupakan staf divisi GoLife dan GoFood Festival.

Kedua layanan tersebut juga disetop lantaran dinilai tak relevan dengan kebiasaan baru masyarakat atau normal baru (new normal). Aplikasi GoLife akan disetop pada 27 Juli. Namun, Gojek belum memerinci kapan layanan GoFood Festival dihentikan.

“Perjalanan menjadi semakin sulit karena kami harus berpisah dengan 430 karyawan. Lalu juga adanya penutupan GoLife dan GoFood Festival, bisnis yang memiliki peran penting dalam sejarah Gojek,” kata Co-CEO Gojek Andre Soelistyo dan Kevin Aluwi dalam pernyataan resmi, Selasa (23/6).

(Baca: Fokus pada 3 Bisnis Inti, Gojek Akan Setop GoLife dan GoFood Festival)

Andre mengaku, perusahaan telah melakukan beragam langkah untuk bisa bertahan di tengah pandemi corona. “Namun kami sangat naif, karena berpikir bahwa pertumbuhan akan terus terjadi. Kami tidak cukup mengantisipasi adanya penurunan yang tidak dapat dihindari seperti pandemi,” ujarnya.

Ia mengatakan, Gojek melakukan berbagai penyesuaian bisnis guna mengakomodasi perilaku baru pelanggan sejak adanya pandemi. Perusahaan pun mulai berfokus menggunakan sumber daya yang ada untuk memperkuat bisnis yang memiliki dampak paling luas.

Selain itu, tentunya berfokus pada tiga layanan inti. Ketiga pilar yang dimaksud yakni transportasi, pesan-antar makanan dan minuman, serta pembayaran.

(Baca: Gojek PHK 430 Pegawai di Divisi GoLife dan GoFood Festival)

Gojek pun menghadirkan bisnis baru seperti penjualan produk kebutuhan sehari-hari dan makanan ‘siap masak’ di layanan GoFood. Layanan belanja kebutuhan sehari-hari bahkan naik dua kali lipat selama pandemi.

Decacorn Tanah Air itu memang bekerja sama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya terkait layanan berbelanja online di 88 pasar tradisional melalui WhatsApp. Gojek menyediakan jasa pengiriman barangnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...