Saingi Zoom, Facebook Luncurkan Fitur Pendukung Acara Virtual

Facebook integrasikan fitur video call, sehingga bisa mendukung penyelenggaraan acara secara virtual. Selama pandemi corona, acara virtual diminati.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
24 Juli 2020, 11:17
Saingi Zoom, Facebook Luncurkan Fitur Pendukung Acara Virtual
Katadata
Ilustrasi, Facebook

Facebook telah mengembangkan fitur panggilan video (video call) di WhatsApp dan Messenger Room untuk 50 orang. Kini, layanan itu diintegrasikan, sehingga bisa mendukung penyelenggaraan acara atau konser secara virtual.

Fitur video call pada Messsenger Room dihubungkan dengan Siaran Langsung (Live) di platform Facebook. Perusahaan teknologi asal Amerika Serikat (AS) itu ingin memfasilitasi pengguna yang ingin menyelenggarakan acara secara virtual saat pandemi corona.

Acara yang dimaksud seperti perkumpulan anggota klub, mewawancarai panel ahli, mengajar kelas kebugaran, dan lainnya. “Bisa ditayangkan langsung. Membuatnya mudah untuk memiliki lebih banyak siaran interaktif dengan audiens," ujar Facebook dikutip dari CNBC International, Kamis (23/7).

Pengguna dapat menyelenggarakan acara secara lansung, melalui profil akun, halaman maupun grup Facebook. Mereka juga dapat mengontrol siapa saja yang bisa berpartisipasi dalam acara dan yang hanya bisa melihat.

Mereka dapat menambah atau menghapus peserta, serta mencegah orang tidak dikenal mengikuti acara. Pada aplikasi zoom, kejadian ini disebut sebagai zoomboombing.

Sebenarnya, Facebook sudah meningkatkan kapasitas video call di WhatsApp dan Messenger Room menjadi 50 orang sejak April lalu. Langkah ini bahkan membuat pangsa pasar Zoom turun 5% saat itu.

Facebook juga berencana mengintegrasikan platform-platform di bawah naungannya, termasuk WhatsApp. Integrasi ini sudah diuji coba, namun masih akan dikembangkan.

Reporter: Cindy Mutia Annur

Video Pilihan

Artikel Terkait