Disuntik Rp 942 M, Startup Pertanian TaniHub Gencar Ekspansi ke Daerah

TaniHub Group meraih pendanaan seri B Rp 942 miliar, yang dipimpin oleh MDI Ventures. Startup bidang pertanian ini akan berfokus ekspansi, dan optimistis bisnis tumbuh tiga kali lipat.
Desy Setyowati
21 Mei 2021, 12:33
Disuntik Rp 942 M, Startup Pertanian TaniHub Gencar Ekspansi ke Daerah
Instagram/@tanihub
Platform TaniHub

Startup bidang pertanian, TaniHub Group meraih pendanaan US$ 65,5 juta atau sekitar Rp 942 miliar. Perusahaan rintisan itu optimistis bisa tumbuh tiga kali lipat dengan adanya tambahan modal ini.

Investasi ini dipimpin oleh MDI Ventures. Investor lain yang berpartisipasi yakni Telkomsel Mitra Inovasi (TMI),  Add Ventures, BRI Ventures, Flourish Ventures, Intudo Ventures, Openspace Ventures, Tenaya Capital, UOB Venture Management, dan Vertex Ventures.

CEO TaniHub Group Pamitra Wineka mengatakan, bisnis tumbuh 639% pada 2020. Dengan adanya tambahan modal, perusahaan optimistis bisa tumbuh tiga kali lipat tahun ini.

Ia juga menyampaikan, tahun lalu juga menjadi momen pertama TaniHub Group ekspansi ke luar Pulau Jawa, di mulai dengan Bali. Perusahaan pun mengelola enam warehouse dan Processing and Packing Center (PPC).

“Sektor pertanian di Indonesia tidak terhubung karena banyaknya pemain kecil dengan area jangkauan pelayanan yang terbatas. Alhasil, ketidakefisienan dalam value chain tidak terhindarkan,” kata Pamitra dalam siaran pers, Jumat (21/5).

Oleh karena itu, dana segar tersebut akan digunakan untuk ekspansi geografis melalui pembangunan berbagai fasilitas mini hub. Pembangunan ini didukung pemerintah daerah (pemda) di Indonesia.

“Kami berencana memperkuat peran di setiap wilayah Indonesia agar semakin dekat dengan petani dan masyarakat. Pada akhirnya, apa yang kami lakukan dapat mengurangi disparitas harga antara petani dan konsumen,” ujar dia.

Dana segar tersebut juga bakal dipakai untuk mengembangkan produk dan layanan, melalui penguatan teknologi.

Direktur Portfolio MDI Ventures Sandhy Widyasthana menilai, TaniHub Group berperan besar di bidang pertanian. “Kami berharap investasi ini membantu TaniHub Group melanjutkan program dan memperluas cakupan kepada lebih banyak komunitas petani di Indonesia,” katanya.

Ia juga menegaskan bahwa MDI, di bawah Telkom dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), akan terus berinvestasi ke startup teknologi yang berperan besar di berbagai sektor berpengaruh bagi masyarakat.

Global Investments Advisor Flourish Ventures Smita Aggarwal menambahkan, model bisnis TaniHub Group merupakan kombinasi unik dari jaringan pemasok, agregasi permintaan, dan finansial. “Ini terintegrasi dalam porsi seimbang bagi para pemangku kepentingan, termasuk petani kecil, pedagang kaki lima, pemilik usaha kecil, dan konsumen rumah tangga” ujar dia.

Ia menilai, TaniHub Group menawarkan solusi menarik terhadap permasalahan sektor pertanian di Nusantara. Itu karena model bisnisnya memungkinkan keterhubungan pasar dan akses keuangan bagi petani.

Oleh karena itu, Flourish Ventures berpartisipasi dalam pendanaan putaran Seri B TaniHub Group.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait