Grab Rilis Teknologi & Fitur Pendorong Transaksi GrabFood Bulan Depan

Desy Setyowati
27 Mei 2021, 16:17
Grab Rilis Teknologi & Fitur Pendorong Transaksi GrabFood Bulan Depan
KATADATA | Ajeng Dinar Ulfiana
Helm mitra Grab

Perusahaan penyedia layanan on-demand, Grab akan meluncurkan teknologi dan fitur baru untuk mendorong transaksi mitra GrabFood mulai Juni hingga akhir tahun. Decacorn Singapura ini juga menggelar program pelatihan dan uang kembali (cashback) untuk penjual.

Head of Product, Merchants, Grab Shashank Kohli menyampaikan, perusahaan berencana meluncurkan fitur ‘obrolan langsung antara mitra penjual dan konsumen’. Alasannya, pesanan salah merupakan salah satu persoalan yang dialami oleh pelanggan.

“Fitur obrolan baru memungkinkan pedagang berkomunikasi dengan konsumen tentang pesanan,” kata Shashank dalam acara virtual Grab Tech Insider, Kamis (27/5).

Mitra penjual juga bisa menyiarkan promosi secara langsung kepada konsumen. “Ini akan dilindungi dengan nomor telepon yang disamarkan. Peluncuran dilakukan bertahap hinga akhir tahun,” ujar dia.

Ia menyampaikan, perusahaan berfokus menyiapkan fitur dan insights yang dibutuhkan oleh mitra penjual untuk mendongkrak transaksi. Oleh karena itu, Grab menyediakan fitur status restoran yang terdiri dari normal, sibuk, dan tunda pemesanan.

Itu dilakukan supaya mitra penjual bisa mengontrol pesanan yang masuk, dan menyesuaikannya dengan kemampuan dan bahan baku. Perusahaan menyediakan insights terkait menu apa yang diminati pada waktu dan wilayah tertentu.

Grab pun bakal meluncurkan fitur insights dan rekomendasi. Ini menunjukkan kinerja bisnis masing-masing penjual, termasuk pemasaran, peringkat dan umpan balik (feedback) dari pelanggan.

“Mesin rekomendasi pada bagian back end akan memandu dan menyarankan cara bagi pedagang untuk meningkatkan penjualan,” ujar Shashank. Fitur ini akan diluncurkan di regional pada kuartal III 2021.

Pada program Grab Academy, decacorn juga akan meluncurkan rule machine yang dapat mengidentifikasi dan merekomendasikan konten pelatihan yang relevan kepada mitra pengemudi taksi dan ojek online, serta penjual (merchant).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...