Tokopedia dan Shopee Diserbu Pembeli, Apa Produk Lokal yang Laris?

Desy Setyowati
27 Mei 2021, 18:32
Tokopedia dan Shopee Ungkap Produk Lokal yang Laris
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, tampilan aplikasi e-commerce pada ponsel

Perusahaan e-commerce Tokopedia dan Shopee mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang ditetapkan oleh pemerintah pada 5 – 13 Mei. Keduanya mengungkapkan jenis produk lokal yang laris selama periode ini.

Total, kampanye tersebut didukung oleh 72 platform e-commerce. External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyampaikan, setidaknya ada lima jenis produk yang diminati selama periode BBI.

Pertama, makanan dan minuman. Transaksi produk ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan 5 – 13 Mei tahun lalu. “Kami mencatat paket dan parsel makanan, serta makanan ringan dan minuman sebagai produk favorit di kategori ini selama kampanye hari BBI,” kata Ekhel dalam siaran pers, Kamis (27/5).

Kedua, penjualan produk ibu dan bayi yang meningkat lebih dari dua kali. Barang yang paling banyak dibeli yakni makanan dan susu bayi, perawatan bayi, serta makanan dan susu ibu hamil.

Ketiga, produk kesehatan, yang transaksinya naik hampir tiga kali lipat. Barang yang diminati yaitu perlengkapan kebersihan, masker, dan obat-obatan.

Keempat, transaksi kategori fashion meningkat lebih dari enam kali dibandingkan hari biasa. “Walaupun banyak masyarakat yang masih harus beraktivitas dari rumah, kategori fashion tetap diminati,” ujar Ekhel.

Terakhir, elektronik lokal. “Ada kenaikan hingga lebih dari enam kali lipat, “ ujar dia.

Meski barang seperti ponsel pintar (smartphone) dan laptop rerata dari negara lain, produsen Tanah Air juga memproduksi produk elektronik. Ekhel menyampaikan, barang elektronik lokal yang diminati yaitu audio, lampu, dan elektronik kantor.

Ekhel menyampaikan, Tokopedia menggaet lebih dari 11 juta penjual. Hampir seluruhnya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

E-commerce bernuansa oranye, Shopee juga mendukung kampanye BBI dengan menggelar promosi 5.5. Anak usaha Sea Group ini menawarkan diskon brand lokal, voucher, koleksi pilihan, produk lokal go global, kategori pilihan, serta promosi lainnya seperti gratis ongkos kirim, diskon hingga 80%, dan voucer 50%.

Selain itu, Shopee mencatat 130 juta produk UMKM terjual selama Ramadan, tepatnya pada 23 April, 30 April, dan 5 Mei. “Melalui kampanye Big Ramadan Sale 2021, kami berupaya memberikan sorotan dan jangkauan yang luas khususnya terhadap produk lokal UMKM,” ujar Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja, awal Mei (7/5).

Ia juga menyampaikan, produk yang laris yakni suvenir dan busana. Penjualan barang kategori souvenir meningkat tiga kali lipat.

Sedangkan untuk kategori fashion, produk yang banyak dicari yaitu pakaian muslim, bayi dan anak, pasmina plisket, baju koko, dan gamis anak.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait