Marak ‘Google Terus Berhenti’ di Android, Ada Dua Cara Mengatasinya

Sejumlah pemakai Android di banyak negara mengeluhkan munculnya notifikasi 'Google Terus Berhenti'. Pengguna diminta melakukan dua hal untuk mengatasi eror ini sementara.
Image title
23 Juni 2021, 10:36
Marak ‘Google Terus Berhenti’ di Android, Pengguna Diminta Lakukan Ini
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Dua orang membuka laman Google dan aplikasi Facebook melalui gawainya di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Sejumlah pengguna Android di beberapa negara mengeluhkan notifikasi ‘Google Terus Berhenti’ atau ‘Google Keeps Stopping’. Untuk sementara, pemakai disarankan melakukan soft reboot atau hapus aplikasi.

Express.co.uk melaporkan, notifikasi terus muncul meskipun aplikasi Google sudah dihentikan secara paksa. Imbas Google eror ini, beberapa layanan seperti Search dan Gmail tidak bisa digunakan.

Selain pengguna ponsel Google, notifikasi diterima oleh pemakai gawai Xiaomi, Samsung, Sony, Motorola, dan lainnya.

Bahkan, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse mengalami eror serupa. "Sepertinya ada bug Google yang baru saja muncul hari ini," kata Alvin melalui akun Twitter @atytse, Selasa (22/6).

Advertisement

Google tengah menyelidiki eror tersebut. "Kami menerima laporan bahwa Google App di Android tidak berfungsi seperti yang diharapkan untuk beberapa pengguna. Kami sedang menyelidiki masalah ini," kata Google Indonesia di akun Twitter @googleindonesia, Selasa (22/6).

Android Authority melaporkan, eror yang dialami pengguna Google kemungkinan karena pembaruan aplikasi. Sebab, pemakai gadget Android dengan versi Google 12.23.16.23.arm64, 12.22.8.23, dan versi beta 12.24.7.29.arm64 mengalami bug.

Bug itu menyebabkan crash atau kerusakan sistem. "Google yang diunduh pada ribuan ponsel secara otomatis membawa bug bersamanya," demikian dikutip dari Express.co.uk, Selasa (22/6).

Selain melakukan penyelidikan, Google menyarankan pengguna mencoba soft reboot dengan menahan tombol daya selama 30 detik. “Lalu lihat apakah itu berfungsi dengan baik? Beri tahu kami jika itu membantu," kata Google melalui akun Twitter @madebygoogle, Selasa (22/6).

Soft reboot adalah tindakan memulai ulang gawai menggunakan perangkat lunak (software), tanpa mengeluarkan daya komputer. Secara teori, proses itu tidak akan mengubah pengaturan, kata sandi (password), nama pengguna (username), dan lainnya.

Selain itu, pengguna bisa menghapus aplikasi Google dari perangkat. Caranya, buka aplikasi Google Play Store dan pilih ikon profil. Lalu ketuk bagian pengaturan 'Manage apps & device'.

Kemudian pengguna bisa memilih 'All apps up to date' dan 'Google'. Setelahnya, pilih opsi 'Uninstall' untuk menghapus.

Pengguna juga bisa menghapus aplikasi dengan membuka pengaturan dan pilih ‘pengelolaan aplikasi’. Kemudian pilih ‘Google’.

Lalu, klik menu dengan ikon tiga titik di pojok kanan atas. Nanti muncul opsi 'hapus instalan pembaruan'. Pilih itu dan klik oke.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait