Penjualan Produk Kecantikan di Shopee & Tokopedia Melonjak saat Corona

Shopee dan Tokopedia mencatatkan lonjakan penjualan produk kecantikan selama pandemi corona. Kedua e-commerce itu pun mengungkap tren transaksi untuk kategori ini.
Image title
2 September 2021, 16:58
Shopee, tokopedia, e-commerce
Tokopedia, Shopee
Logo Tokopedia dan Shopee

Shopee dan Tokopedia mencatatkan lonjakan penjualan produk kecantikan selama pandemi corona. Kedua e-commerce ini pun mengungkap tren transaksi untuk kategori ini.

"Di tengah kondisi pandemi, ada peningkatan penjualan produk kecantikan," kata Head of FMCG dan Electronics Putri Lukman dalam acara Bincang Shopee 9.9 Super Shopping Day: Potensi Produk Kecantikan Lokal di Era Modern, Kamis (2/9). Namun ia tidak memerinci peningkatannya.

Setidaknya ada tiga tren transaksi produk kecantikan selama pandemi corona, sebagai berikut:

1. Meningkatnya penjual atau brand produk kecantikan lokal

Advertisement

Shopee mencatat, muncul beberapa merek kecantikan lokal. Transaksinya cukup tinggi selama pandemi Covid-19. Namun, Putri enggan memerinci angkanya.

"Ini mendorong penjualan. Perkembangan produk perawatan kulit (skincare) di Shopee juga sangat baik," kata Putri.

Founder Somethinc Irene Ursula sepakat bahwa tingkat kepercayaan konsumen Tanah Air terhadap produk lokal meningkat saat pandemi corona. "Kalau dua tahun lalu, pelanggan belum percaya produk lokal,” ujarnya.

2. Masyarakat tetap membutuhkan produk perawatan tubuh meski aktivitas di luar rumah dibatasi

PhD Dermatology Claudia Christin mengatakan, masalah kulit tetap muncul meski lebih banyak beraktivitas di rumah. "Selain itu, orang di rumah sering terkena AC. Itu akan memberikan perubahan pada kulit," ujarnya.

3. Membeli produk kecantikan untuk menghilangkan stres.

Selain Shopee, Tokopedia mencatatkan peningkatan penjualan produk kecantikan hampir dua kali lipat pada akhir tahun lalu. “Produk yang paling diminati yakni pembersih wajah, paket perawatan wajah, serum, masker wajah hingga krim wajah,” kata AVP of Category Development for FMCG & Long Tail Categories TokopediaJessica Stephanie Jap dalam siaran pers, pada Maret (1/3).

Tokopedia pun mencatatkan dua tren transaksi produk kecantikan selama pandemi corona. Keduanya yakni:

1. Produk kecantikan lokal semakin diminati

Ini terlihat dari serum, krim dan pembersih wajah yang menjadi produk paling laris di Tokopedia pada akhir 2020. “Semakin banyak merek skincare lokal yang menawarkan berbagai produk dengan kualitas yang tidak kalah saing dari merek luar,” kata Beauty Vlogger Indonesia Ririe Prameswari.

2. Rias wajah atau makeup berwarna

Ririe memperkirakan makeup natural tetap menjadi tren. Tampilan riasan wajah bakal menekankan pada teknik blending complexion, serta pemilihan warna tegas pada eyeshadow dan lipstik.

Pemilihan warna-warna berani seperti oranye dan merah pada riasan mata diprediksi menjadi tren tahun ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait