Apple Rilis iPad Mini 6, Layar Lebih Besar dan Ada Fitur 5G

Apple merilis iPad Mini 6 pada Selasa (14/9). Raksasa teknologi AS ini mengandalkan kemampuan akses 5G hingga layar yang lebih besar.
Image title
15 September 2021, 13:47
apple, iPad Mini 6
Apple
iPad Mini

Apple merilis iPad Mini 6 pada Selasa (14/9). Raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) ini mengandalkan kemampuan akses internet generasi kelima atau 5G hingga layar yang lebih besar dibandingkan iPad Mini 5.

Konsumen baru bisa membeli gawai itu pada pekan depan (24/9). "iPad Mini baru siap untuk dipesan dan akan tersedia di toko pada 24 September," demikian dikutip dari The Verge, Selasa (14/9).

Peluncuran iPad Mini 6 itu sejalan dengan spekulasi analis Apple Ming-Chi Kuo sebelumnya. Ia mengatakan bahwa iPad Mini akan dirilis pada paruh kedua tahun ini. 

Apple meningkatkan kemampuan dan menambah sejumlah fitur pada iPad Mini 6. Salah satunya, mendukung jaringan Wi-Fi 6 dan akses 5G opsional. Kecepatan unduh jaringan juga bisa sampai 3,5 Gbps. 

Advertisement

Sedangkan iPad Mini 5 yang meluncur pada 2019 tidak memiliki kemampuan akses 5G.

Layar iPad Mini 6 juga lebih lebar yakni 8,3 inci. Sedangkan iPad Mini 5 7,9 inci.

Apple juga menyematkan tipe layar Liquid Retina IPS LCD dengan tingkat kecerahan 500 nits. Ada juga pelapis anti-reflektif pada layar untuk meningkatkan efisiensi yang disebabkan kekurangan cahaya. Ini memungkinkan penggunaan multitasking.

Tablet mini itu juga dilengkapi dengan port USB-C yang mempunyai kemampuan transfer data hingga 5 Gbps. Kemudian ada speaker stereo dengan sepasang pengeras suara. Lalu, ada fitur Touch ID di tombol atas.

Untuk kamera, iPad Mini 6 mempunyai komposisi dua kamera yakni di belakang dan depan atau selfie. Kamera belakang beresolusi 12 Megapiksel (MP) dengan lensa wide.

Kamera tersebut mampu merekam video 4K dan mendukung fitur Smart HDR. Sedangkan resolusi kamera depan 12 MP dengan lensa ultra-wide.

Apple menyematkan prosesor A15 Bionic pada iPad Mini 6. Otak dari perangkat ini diklaim merupakan buatan Apple yang terkencang.

Perusahaan membanderol iPad Mini 6 di Amerika Serikat (AS) US$ 499 atau Rp 7,1 juta untuk varian Wi-Fi Only. Sedangkan model Wi-Fi + Cellular, dijual US$ 649 atau Rp 9,3 juta.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait