Setara Apple, Netflix - Alibaba Termasuk Perusahaan Senilai Rp14.000 T

Netflix, Alibaba hingga Tesla masuk daftar perusahaan bernilai US$ 1 triliun dalam lima tahun ke depan. Mereka akan sejajar dengan Apple sampai Google.
Image title
20 September 2021, 12:24
Netflix, alibaba, apple, google, cina
123RF.com/Charnsit Ramyarupa
Netflix

Netflix, Alibaba, Tencent hingga Tesla masuk daftar perusahaan bernilai US$ 1 triliun atau sekitar Rp 14.274 triliun dalam lima tahun ke depan, menurut data Approve.com. Mereka akan sejajar dengan Apple, Google sampai Microsoft yang lebih dulu masuk lis ini.

Approve.com merupakan penyedia solusi pengadaan berbasis komputasi awan (cloud). Laporan Approve.com ini berdasarkan studi terhadap 50 perusahaan global yang mempunyai kapitalisasi pasar mendekati US$ 1 triliun.

"Mereka berlomba untuk mencapai angka US$ 1 triliun dalam lima tahun ke depan," demikian isi laporan, dikutip dari Business Insider, akhir pekan lalu (18/9).

Selain raksasa teknologi, perusahaan non-teknologi yang masuk lis yakni korporasi investasi milik Warren Buffett, Berkshire Hathaway dan di bidang barang mewah LVMH.

Proyeksi kapitalisasi pasar tersebut mengacu pada tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata perusahaan. Namun Approve.com tidak memasukkan dampak dari tindakan keras peraturan di Cina seperti yang dialami oleh Alibaba dan Tencent.

Berdasarkan laporan tersebut, kapitalisasi pasar Tesla saat ini US$ 754 miliar. Nilainya diprediksi US$ 1 triliun pada 2022. Sebab, perusahaan milik Elon Musk ini mempunyai pertumbuhan tahunan rata-rata 123,87%.

Kapitalisasi pasar Tencent saat ini US$ 569 miliar. Nilai raksasa gim asal Cina ini akan mencapai US$ 1 triliun pada 2022 dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 97,04%.

Perusahaan asal Cina lainnya, Alibaba mempunyai kapitalisasi pasar US$ 433 miliar. Nilainya diperkirakan menyentuh US$ 1 triliun pada 2025, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata 19,16%.

Selain itu, Netflix mempunyai tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata 74,16%, akan mencapai kapitalisasi pasar US$ 1 triliun pada 2024. Saat ini, kapitalisasinya US$ 257 miliar.

Raksasa teknologi asal Amerika Serikat (AS) Apple menjadi perusahaan teknologi pertama yang valuasinya US$ 1 triliun. Ini diraih pada kuartal III tahun fiskal 2018.

"Kinerja keuangan ini merupakan buah dari inovasi Apple. Kita harus tetap mengutamakan produk dan konsumen," kata CEO Apple, Tim Cook, pada 2018 (1/8/2018).

Perusahaan teknologi lainnya seperti induk Google, Alphabet, Microsoft, dan Amazon menyusul. Yang terbaru, Facebook mencapai kapitalisasi pasar US$ 1 triliun tahun ini.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait