WhatsApp Buat 6 Fitur Baru, Bisa di 2 Ponsel – Perbesar Resolusi Foto

WhatsApp mengembangkan enam fitur baru yang dikabarkan tersedia segera. Dua di antaranya yakni memungkinkan platform dipakai di dua ponsel dan memperbesar resolusi konten foto hingga video.
Image title
28 September 2021, 10:47
WhatsApp, Facebook
PXHERE.COM
Logo WhatsApp

WhatsApp mengembangkan enam fitur baru yang dikabarkan tersedia segera. Dua di antaranya yakni memungkinkan platform dipakai di dua ponsel dan memperbesar resolusi konten foto hingga video.

Sebelumnya, konektivitas mulri-perangkat hanya tersedia di desktop, laptop, tablet, atau gawai non-ponsel lain. WABetaInfo melaporkan, kini WhatsApp mengembangkan fitur bernama multi-perangkat 2.0.

"Itu memungkinkan pengguna menautkan akun utama mereka ke ponsel lain," demikian dikutip dari Business Insider, Senin (27/9).

Saat ini, WhatsApp mengembangkan fitur versa beta itu pada iOS. Ke depan, ini akan tersedia pada perangkat tablet dan smartphone Android. Namun belum diketahui waktu perilisannya.

Setelah WhatsApp meluncurkan fitur itu, pengguna bisa menautkan akun di perangkat seluler dan menyinkronkan obrolan dari gawai pertama ke kedua dengan enkripsi end-to-end.

Nantinya, setiap kali pengguna membuka WhatsApp di ponsel kedua, ia akan mengunduh semua pesan dari server tanpa perlu gawai utama terhubung ke internet.

Pada Juni, WhatsApp sebenarnya telah mengembangkan fitur multi-perangkat yang memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp di empat gawai sekaligus.

Kepala WhatsApp Will Cathcart dan CEO Facebook Mark Zuckerberg juga mengonfirmasi, layanan tersebut memungkinkan pengguna mengirim pesan teks dari beberapa perangkat. “Pengguna bakal dapat menautkan hingga empat perangkat ke akun,” demikian isi laporan WABetaInfo dikutip dari The Star, tiga bulan lalu (21/6).

Fitur kedua, menyembunyikan informasi terakhir terlihat atau last seen untuk kontak tertentu. Menurut WaBetaInfo, fitur ini masih dalam pengembangan dan segera mencapai versi stabil. 

Pembocor melaporkan bahwa opsi baru itu bakal tersedia untuk pengguna iOS dan Android.

Ketiga, obrolan yang menghilang. Menurut WaBetaInfo, mode ini akan tersedia untuk obrolan antar-pengguna dan grup di WhatsApp.  Ini merupakan perluasan dari fitur pesan menghilang yang sudah ada.

Fitur memungkinkan pengguna secara otomatis mengubah utas obrolan baru menjadi percakapan singkat. Apabila diaktifkan, semua pesan di setiap obrolan atau grup baru dilaporkan, akan hilang setelah beberapa saat.

Fitur keempat, editor ikon grup. Fitur ini sudah terlihat di WhatsApp versi beta 2.21.20.2. Ini memungkinkan pengguna dengan cepat membuat ikon untuk grup, ketika mereka tidak memiliki gambar. 

Pengguna dapat memilih warna latar belakang ikon. WhatsApp juga menawarkan emoji dan stiker sebagai opsi.

Kelima, fitur peningkatan resolusi video atau foto. Menurut WaBetaInfo, anak usaha Facebook ini akan segera menghadirkan fitur baru ini ke aplikasi.

Fitur itu memungkinkan pengguna memilih kualitas unggah (upload) video atau foto. Pengguna bisa memilih antara mode dengan kualitas terbaik atau mode penghemat data.

Terakhir, gambar menjadi stiker. Fitur ini memungkinkan pengguna mendapatkan ikon stiker baru di samping bilah keterangan saat mereka mengunggah gambar anyar di aplikasi.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait