Google Rilis Pixel 6 dengan Cip Buatan Sendiri Bulan Ini

Google akan meluncurkan Pixel 6 dua pekan lagi (19/10). Gawai baru ini akan mengandalkan cip buatan sendiri yakni Tensor, yang diklaim meningkatkan kemampuan fotografi dan pengenalan suara.
Image title
7 Oktober 2021, 13:20
google, pixel 6,
Instagram/@googlepixel
Ilustrasi Pixel 5 milik Google

Google mengumumkan bahwa ponsel pintar (smartphone) Pixel 6 bakal dirilis dua pekan lagi (19/10). Gawai baru ini akan mengandalkan cip (chipset) buatan sendiri yakni Tensor.

Pixel 6 bakal diluncurkan dalam acara  ‘Pixel Fall Launch’ pada 19 Oktober. "Kami akan secara resmi memperkenalkan Pixel 6 dan Pixel 6 Pro," demikian dikutip dari akun @madebygoogle, Rabu (6/10).

Google menonjolkan kemampuan kamera saat merilis Pixel 5 tahun lalu. Ponsel ini dijual dengan harga relatif murah, karena perusahaan khawatir daya beli konsumen menurun imbas pandemi corona.

Ponsel premium Pixel 5 dibanderol US$ 699 atau sekitar Rp 10,3 juta tahun lalu. Ini lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy S10 US$ 1.149 atau setara Rp 17 juta.

Kali ini, Google tidak mengandalkan kemampuan kamera pada Pixel 6. Raksasa teknologi ini mengedepankan cip buatan sendiri yakni Tensor. Sebelumnya, perusahaan memakai cip milik Qualcomm.

Cip Tensor sebelumnya diberi kode Whitechapel. Google mengklaim, semikonduktor ini meningkatkan kemampuan pengenalan suara dan fotografi pada ponsel.

"Ini untuk menunjukkan cip terbaik yang dapat ditawarkan oleh Google," kata senior vice president di divisi hardware Google Rick Osterloh dikutip dari CNET, Selasa (5/10).

Rick mengatakan, cip Tensor memiliki pengenalan suara yang dapat membedakan antara pesan yang didikte dan perintah seperti "kirim" atau "hapus". Selain itu, papan ketik (keyboard) di layar dapat mengedit kesalahan ketik atau dikte apa pun saat mikrofon mendengarkan pesan.

Google juga mengandalkan layar dengan refresh rate 120 Hz. Pixel 6 dibekali layar Pixel 6 sudah dibekali layar Full HD+ 6,4 inci. Pixel 6 Pro lebih canggih lagi, yakni Quad HD+ berukuran 6,67 inci hingga 6,71 inci.

Pixel 6 mempunyai komposisi dual camera yakni utama 50 megapiksel (MP) dan ultra wide angle 12 MP. Sedangkan resolusi kamera depan 8 MP.

Sedangkan Pixel 6 Pro memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari utama 50 MP, lensa ultra wide dan telefoto masing-masing 8 MP. Sedangkan kamera depan 12 MP.

Google menyematkan baterai berkapasitas 4.614 mAh pada Pixel 6 dengan dukungan pengisian daya cepat (fast charging) 23W. Sedangkan Pixel 6 Pro memiliki kapasitas baterai 5.000 mAh.

Raksasa teknologi itu juga memasang kemampuan penyimpanan RAM 8GB, serta dua opsi storage 128GB dan 256GB pada Pixel 6. Sedangkan Pixel 6 Pro memiliki RAM 12GB, dengan pilihan storage 128GB, 256GB dan 512GB.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait