Gambaran Dunia Virtual Metaverse yang Dibidik Facebook dalam 5 Tahun

Desy Setyowati
29 Oktober 2021, 13:13
Facebook, metaverse, virtual reality, vr, augmented reality
Solen Feyissa/Unsplash
Ilustrasi cara mengganti nama Facebook

Facebook Inc. resmi berganti nama menjadi Meta Platforms Inc., dan berfokus menuju perusahaan metaverse. Induk Instagram ini akan membangun dunia virtual menggunakan beragam perangkat berbasis virtual reality (VR) dan augmentend reality (AR).

“Metaverse adalah perbatasan berikutnya,” kata CEO Meta Mark Zuckerberg saat presentasi di konferensi Connect Facebook yang diadakan secara virtual, dikutip dari Bloomberg, Jumat (29/10).

Zuckerberg menargetkan Facebook berubah menjadi perusahaan metaverse dalam lima tahun. "Kami pada dasarnya bergerak dari Facebook sebagai perusahaan media sosial menjadi perusahaan 'metaverse' pertama.”

Meta menggambarkan ‘metaverse’ sebagai teknologi yang memungkinkan orang-orang berkumpul dan berkomunikasi dengan memasuki dunia virtual.

Meski begitu, nama baru tidak akan memengaruhi cara Facebook menggunakan atau membagikan data. Struktur perusahaan juga tak berubah. Aplikasi termasuk Instagram, Messenger, dan WhatsApp juga akan mempertahankan nama mereka.

Zuckerberg juga berjanji bahwa metaverse akan memiliki standar privasi, kontrol orang tua, dan transparansi penggunaan data. “Setiap orang yang membangun metaverse harus berfokus membangun secara bertanggung jawab sejak awal,” kata Zuckerberg. “Ini adalah salah satu pelajaran yang saya pelajari selama lima tahun terakhir.”

Namun Meta akan memisahkan bisnis periklanan digital utama dari investasi baru di AR dan VR. Ini supaya investor dapat melihat biaya dan pendapatan terkait metaverse.

Perusahaan juga memperkirakan laba operasional berkurang US$ 10 miliar tahun ini karena investasi di Reality Labs. Meta menunjuk Andrew Bosworth, eksekutif lama yang mengawasi produk AR dan VR Meta sejak 2017, sebagai chief technology officer (CTO) mulai awal 2022.

Salah satu aplikasi metaverse yang akan dikembangkan oleh Facebook yakni konser 3D atau tiga dimensi. “Anda merasa hadir dengan orang lain, seolah-olah berada di tempat lain. Memiliki pengalaman berbeda yang tidak dapat dilakukan di aplikasi atau halaman web 2D, seperti menari atau berbagai jenis olahraga,” ujar Zuckerberg.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...