East Ventures dan Emtek Investasi ke Startup Kesehatan Singapura

Smarter Health meraih pendanaan dari East Ventures dan Emtek. Startup kesehatan asal Singapura ini hadir di Indonesia dan Malaysia.
Image title
3 Januari 2022, 10:45
Smarter Health, startup, kesehatan, startup kesehatan, pendanaan, east ventures, emtek
Smarter Health
Smarter Health

Startup kesehatan asal Singapura, Smarter Health mengumumkan pendanaan seri A SGD 5,15 juta atau sekitar Rp 54,5 miliar. Investasi ini dipimpin oleh East Ventures.

Investor strategis lain yang berpartisipasi yakni Orbit Malaysia, Citrine Capital, HMI Group, dan Elang Mahkota Teknologi (Emtek). “Kami berharap dapat berkolaborasi dengan lebih banyak perusahaan asuransi, penyedia, dan dokter untuk mencapai visi layanan kesehatan ‘Mudah diakses, Terjangkau, dan Akuntabel’,” kata Chief Executive Officer (CEO) Smarter Health Liaw Yit Ming dalam keterangan pers, Senin (3/1).

Startup kesehatan menyatukan keahlian tim yang mendalam dalam operasional dan asuransi kesehatan, serta administrasi pihak ketiga. Platform terpadu Smarter Health memfasilitasi pertukaran data yang diklaim aman antara perusahaan asuransi, penyedia layanan kesehatan, dan pasien.

Integrasi itu memungkinkan penggunaan data untuk memandu pengambilan keputusan bagi pasien. Selain itu, meningkatkan akurasi dan kecepatan pemrosesan klaim.

Advertisement

Perkembangan masa depan dinilai akan mendorong efisiensi operasional yang lebih besar, efektivitas dan meningkatkan pengamanan pelanggan. 

Oleh karena itu, Smarter Health berencana menggunakan dana tersebut untuk pengembangan produk dan perluasan pasar di Asia Tenggara. Setelah mencapai traction yang diklaim menjanjikan di Singapura, Malaysia, Indonesia, startup ini ingin meningkatkan dan memperluas pasar.

“Pandemi Covid-19 memaksa perusahaan asuransi dan penyedia layanan kesehatan untuk mempertimbangkan dan menyusun ulang strategi operasi mereka dengan mempercepat transformasi digital,” kata Co-Founder sekaligus Managing Partner East Ventures Willson Cuaca .

Smarter Health berfokus membuat kesehatan dapat diaskses, terjangkau, dan akuntabel dengan menyediakan platform yang dapat dioperasikan dengan kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI). “Kami sangat antusias untuk mendukung Smarter Health dalam menyelesaikan inefisiensi proses pelayanan kesehatan antara pemangku kepentingan di ekosistem kesehatan,” kata dia.

(Disclaimer: East Ventures merupakan salah satu investor Katadata.co.id)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait