Kirim Barang Hitungan Menit, E-Commerce Kilat Jadi Incaran Investor

Fahmi Ahmad Burhan
9 Februari 2022, 16:06
Segari, tokopedia, e-commerce, startup
Instagram/@Segari
Segari

Startup e-commerce dengan pengiriman kilat atau dikenal dengan istilah quick commerce menjadi incaran investor tahun ini. Setidaknya ada enam perusahaan rintisan yang menyediakan layanan ini.

Dikutip dari Statista, quick commerce merupakan istilah yang menggambarkan bentuk e-commerce dengan pengiriman pesanan dalam jumlah kecil namun cepat.

Produk di platform quick commerce biasanya harus cepat diantar, seperti bahan makanan segar atau produk-produk rumah tangga.

Di Indonesia, setidaknya ada enam startup quick commerce atau menyediakan fitur sejenis. Kelimanya yakni Astro, Tokopedia lewat Tokopedia Now, Bananas, Sayurbox, Segari, dan Tanihub.

Di Bananas, pelanggan dapat berbelanja barang kebutuhan sehari-hari, membayar, dan menunggu pesanan hanya sekitar 10 menit. Startup ini mengandalkan hub mikro berbasis teknologi bernama dark stores dalam menjalankan bisnisnya.

Dark stores ditempatkan di dekat area pemukiman supaya bisa mengantarkan bahan makanan secara instan.

"Kami menyadari kebutuhan pelanggan akan barang kebutuhan sehari-hari, kecepatan, dan kenyamanan terbaik selama masa krisis pandemi Covid-19," kata Founder sekaligus CEO Bananas Mario Gaw dalam siaran pers, Selasa (8/2).

Startup lainnya, Astro menawarkan layanan perdagangan online dengan menjual lebih dari 1.000 pilihan produk kebutuhan sehari-hari, seperti camilan, sayuran, buah hingga obat. Pengiriman barang ditarget 15 menit.

Tokopedia juga meluncurkan layanan belanja online untuk produk kebutuhan pokok dengan waktu pengiriman maksimal dua jam yakni Tokopedia NOW!.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...