WhatsApp Akan Luncurkan Fitur Akses Tanpa Internet Bulan Ini

WhatsApp akan merilis fitur multi-device bulan ini. Tools ini memungkinkan pengguna mengakses aplikasi tanpa internet.
Image title
25 Maret 2022, 13:03
whatsapp, raksasa teknologi, media sosial
PXHERE.COM
Logo WhatsApp

WhatsApp bersiap meluncurkan fitur multi-device, yang memungkinkan pengguna mengakses layanan perpesanan tanpa internet bulan ini. Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ini juga berencana merilis fitur reaksi emoji.

Saat ini, fitur multi-device hanya tersedia untuk pengguna terbatas dalam program pengujian beta. WhatsApp baru akan meluncurkan fitur multi-device secara luas untuk pengguna iOS bulan ini. 

"Baru kemudian diikuti rilis fitur ini di Android bulan depan atau April," demikian dikutip dari Business Insider, Kamis (24/3).

WhatsApp mengenalkan fitur itu pertengahan tahun lalu. Menurut WABetainfo, fitur multi-device menjadi salah satu fitur yang ditunggu-tunggu.

Advertisement

Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengakses WhatsApp versi web tanpa koneksi internet. Pemakai pun dapat menggunakan layanan perpesanan di empat perangkat secara bersamaan.

Akun WhatsApp bisa dioperasikan di laptop atau komputer pribadi tanpa harus terkoneksi dengan ponsel melalui kode quick response (QR code). Saat ini, pengguna masih harus menghubungkan akun di gawai, jika ingin mengakses WhatsApp web di laptop.

Anak usaha Meta itu juga menjamin keamanan fitur anyar tersebut. Perusahaan menjanjikan bahwa keamanan lewat sistem enkripsi end to end dipertahankan.

WhatsApp sempat mengatakan, fitur multi-device bertujuan menghilangkan persoalan integrasi perangkat. "Arsitektur fitur ini menghilangkan rintangan dengan tidak lagi membutuhkan smartphone untuk setiap pengoperasian (akun)," kata WhatsApp dikutip dari TechCrunch, tahun lalu (15/7).

Selain fitur multi-device, WhatsApp akan meluncurkan fitur reaksi emoji dalam versi beta di Android. Fitur ini menawarkan cara cepat dan mudah untuk menanggapi pesan masuk.

Dengan menekan lama pesan yang diterima, fitur memungkinkan pengguna bereaksi dengan salah satu dari enam emoji. Terdapat emoji jempol ke atas, hati, menangis, tertawa, wajah terkejut hingga tangan terlipat.

Akhir tahun lalu, WhatsApp juga menambahkan fitur keamanan di platform. Salah satu fitur dapat mencegah kontak asing tidak dikenal mengetahui status online dan informasi terakhir dilihat pengguna atau 'last seen'.

WhatsApp juga mengembangkan fitur hapus pesan ke semua orang atau 'delete for everyone' tanpa batasan waktu. Anak usaha Facebook ini menilai bahwa fitur 'delete for everyone' merupakan paling berguna dan penting.

Fitur itu menyelamatkan pengguna dari rasa malu ketika tidak sengaja mengirim pesan ke orang atau grup yang salah.

Whatsapp merupakan platform media sosial yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia. Berdasarkan jawaban responden hasil riset Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Sebanyak 73,9% responden yang menggunakan WhatsApp lebih dari satu jam dalam sehari.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait