Indodax Beri Tips Investasi Kripto Saat Harga Terra Luna Jeblok

Harga kripto seperti terra luna, bitcoin hingga etherum anjlok. Bos Indodax membagikan tips berinvestasi di aset digital saat harga anjlok.
Image title
19 Mei 2022, 19:21
kripto, crypto, terra luna, bitcoin, ethereum,
Bloomberg
Kripto

Harga beberapa mata uang kripto (cryptocurrency) seperti terra luna, bitcoin, dan ethereum anjlok. Indodax memberikan tips kepada investor dalam berinvestasi cryptocurrency.

Dikutip dari Coindesk, harga bitcoin turun lebih dari 3,2% dalam sehari pada perdagangan hari ini (19/5). Harganya anjlok 50% dibandingkan rekor tertinggi US$ 67,802 pada November 2021.

Kripto terbesar kedua di dunia ethereum juga mencatatkan penurunan harga yakni 5,47% dalam sehari menjadi US$ 1,928 hari ini. Solana anjlok 9,69%, XRP 6,22%, dogecoin 6,62%, dan shiba inu 6,93%.

Advertisement

CEO Indodax Oscar Darmawan mengatakan, penurunan harga kripto terjadi karena aksi jual yang lebih banyak daripada beli. Ini tidak terlepas dari sentimen pasar akibat dari kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga acuan.

Oscar pun memberikan sejumlah tips berinvestasi kripto di tengah penurunan harga, yakni:

1. Tetap menggunakan uang dingin atau uang menganggur yang tidak digunakan

Sebab, perdagangan kripto dilakukan di spot market, bukan derivatif. Artinya, investor bisa membeli kripto saat mempunyai uang dan menjualnya saat mempunyai barang.

"Sebisa mungkin menggunakan uang dingin. Dengan begitu investor bisa memilih momentum masuk dan keluar dari pasar," katanya dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022, Kamis (19/5).

Apabila menggunakan uang panas atau uang yang digunakan sehari-hari, investor terpaksa harus keluar saat harga turun.

2. Investor bisa memanfaatkan momentum penurunan harga untuk menjalankan aksi buy the dip

Buy the dip adalah istilah dalam investasi yang mengacu pada sikap investor yang memborong suatu aset ketika harganya turun. Menurutnya, kondisi ini biasa dilakukan investor institusi seperti Microstrategy. 

Ketika harga turun atau diskon, mereka gencar membeli. Investor kemudian menyimpannya dan menjualnya saat harga naik di kemudian hari.

3. Melihat potensi aset kripto lain yang tidak terpengaruh seperti short token

Short token adalah istilah untuk aset kripto yang diperjualbelikan di pasar berjangka. Ketika harga aset tersebut turun, trader masih bisa meraih keuntungan.

Saat aset kripto turun, harga short token akan naik.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait