East Ventures Suntik Startup Marketplace Sneakers Novelship Rp 146 M

East Ventures memimpin pendanaan ke startup marketplace sepatu sneakers Novelship US$ 10 juta. Perusahaan rintisan ini menyediakan metode pembayaran dengan kripto.
Image title
25 Mei 2022, 16:02
Novelship, startup, pendanaan, pendanaan startup, east ventures
East Ventures
Novelship

Startup marketplace sepatu sneakers, pakaian streetwear, dan berbagai koleksi dengan edisi terbatas, Novelship mendapatkan pendanaan seri A US$ 10 juta atau sekitar Rp 146 miliar. Investasi ini dipimpin oleh perusahaan modal ventura GSR Ventures dan East Ventures

Investor lain yang berpartisipasi yakni K3 Ventures dan iGlobe Partners.

CEO Novelship Richard Xia mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk mencapai posisi kepemimpinan di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, Australia, Selandia Baru, dan Taiwan. Novelship juga bakal ekspansi ke lebih banyak pasar di Asia Pasifik.

Selain itu, terus mengeksplorasi integrasi dunia virtual atau metaverse dan kemitraan dengan merek-merek lain di dunia ritel.

Advertisement

Novelship melayani para pelanggan yang tersebar di seluruh Asia Pasifik. Perusahaan yang berdiri pada 2018 ini mencatatkan volume penjualan tumbuh 5,3 kali lipat tahun lalu.

Richard mengatakan, Novelship akan terus memahami denyut nadi generasi Z dan tren terbaru dari seluruh dunia. Selain itu, mengamati setiap momen budaya yang relevan untuk menyediakan produk terbaru dan edisi terbatas dari berbagai merek seperti Nike, Air Jordan, Yeezy, dan Supreme, dan lainnya.

Sebagai bagian dari upaya mengikuti tren dan mendengarkan pelanggannya, Novelship mulai memperkenalkan penggunaan mata uang kripto (cryptocurrency) sebagai opsi pembayaran alternatif. 

Metode pembayaran tersebut mampu meningkatkan nilai pesanan rata-rata per pelanggan. Sepatu sneakers lebih dari US$ 200.000 atau Rp 2,9 miliar pun dibeli menggunakan token digital.

“Pasar sneakers dan streetear memiliki potensi besar secara global dan Novelship secara unik diposisikan untuk menang tidak hanya di kawasan ini tetapi juga di seluruh dunia," kata Richard dalam siaran pers, Rabu (25/5).

Novelship memperkirakan, pasar sneakers dan streetwear di Asia Pasifik akan mengalami lonjakan pertumbuhan selama pandemi Covid-19 hingga mencapai US$ 33 miliar atau Rp 482 triliun.

Managing Partner East Ventures Willson Cuaca optimistis bahwa startup tersebut tumbuh pesat. "Seiring dengan berkembangnya budaya sneakers di Asia, Novelship berada di posisi yang tepat untuk memberikan pengaruh nyata di pasar streetwear dan menjadi salah satu marketplace paling populer di antara generasi Z," ujarnya.

Partner di GSR Ventures Jefferson Chen juga mengatakan, ada kebutuhan yang berkembang pesat akan ekspresi diri yang dipersonalisasi dari generasi Z di Asia. "Kami percaya bahwa Novelship menciptakan platform unik yang berpotensi menjadi one-stop marketplace untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka," ujar dia.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait