Gojek Gaet Boy Group asal Korea BTS Jadi 'Duta Merek' GoFood
Gojek menggandeng BTS atau Bangtan Boys sebagai 'duta merek' (brand ambassador) GoFood. Perusahaan terafiliasi, Tokopedia lebih dulu menggaet boy group asal Korea Selatan ini.
Decacorn itu memasang logo GoFood X BTS di akun Instagram @gofoodindonesia. Gojek juga mengunggah konten terkait hal ini.
“Petunjuk selanjutnya untuk geng baru Gojek! Kira-kira siapa ya yang bisa Bikin Tambah Seru?” kata GoFood sembari mengunggah gambar samar sejumlah laki-laki, melalui akun Instagram @gofoodindonesia, Rabu (15/6).
Meski begitu, gambar BTS muncul di aplikasi Gojek, khususnya di fitur GoFood.
Katadata.co.id sudah mengonfirmasi terkait masuknya boyband asal Korea Selatan itu di ekosistem Gojek. Namun belum ada tanggapan.
Tokopedia lebih dulu menggandeng BTS sebagai duta merek. Gojek dan Tokopedia merger pada 17 Mei, lalu membentuk entitas gabungan bernama GoTo.
CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja pernah mengungkapkan keuntungan di balik penunjukkan BTS sebagai duta merek. "Saat kami mengajak tokoh dunia seperti BTS dan Blackpink, setiap bulan bisa world wide trending topic," ujar dia dalam Wealth Wisdom 2021: Step Up To The New Creative Economy, akhir tahun lalu (18/9/2021).
Wiliam bercerita, BTS dan Blackpink memiliki pengaruh besar. Kedua grup musik ini dapat diajak mengangkat produk Indonesia di panggung dunia.
"BTS itu bisa diajak misalnya, minum susu cokelat atau susu pisang khas Indonesia sehingga produk lokal dapat terangkat," katanya.
Tokopedia berkolaborasi dengan BTS sejak 2019. BTS terdiri dari tujuh anggota yaitu RM, Jin, Suga, J-hope, Jimin, V dan Jung Kook. Boyband ini di bawah naungan Big Hit Entertainment.
Penunjuk BTS dan Blackpink sebagai duta merek berdampak pada jumlah kunjungan ke Tokopedia. Saat pengumuman pada Januari 2021, jumlah kunjungan ke platform Tokopedia berhasil menyalip Shopee pada kuartal I tahun lalu.
Riset iPrice pun menunjukkan, Shopee menjadi e-commerce yang merajai hampir semua pasar negara-negara Asia Tenggara. Khusus di Indonesia, pasar e-commerce berhasil dikuasai oleh Tokopedia.
iPrice membuat riset bersama dengan SimilarWeb menggunakan data jumlah pengunjung website masing-masing e-commerce. Data ini mengindikasikan jumlah trafik global pada kuartal pertama 2022.
iPrice menyebut bahwa e-commerce yang menjadi juara di pasar Tanah Air adalah Tokopedia dengan 157 juta pengunjung pada kuartal pertama.
"Tokopedia memiliki pengunjung website lokal terbanyak di Asia Tenggara yang menyaingi Shopee dan Lazada," demikian dalam riset yang diterima Katadata.co.id, akhir bulan lalu (30/5).
Namun, BTS mengumumkan hiatus dari aktivitas grup. Setiap anggota akan berfokus pada proyek solo hingga waktu yang belum ditentukan.
Hal itu diumumkan saat hari jadi grup yang kesembilan dalam acara “BTS FESTA 2022” yang disiarkan langsung di YouTube, Selasa (14/6).