Gaet BTS, Tokopedia Salip Shopee dan Dongkrak Transaksi 26 Kali Lipat

Fahmi Ahmad Burhan
22 September 2021, 17:22
tokopedia, shopee, e-commerce, bts
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Tokopedia mencatat, transaksi penjual yang berpartisipasi dalam Waktu Indonesia Belanja (WIB) Spesial Traktiran Ulang Tahun bulan lalu, meningkat 26 kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). E-commerce ini pun mengandalkan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Dalam acara WIB Spesial Traktiran Ulang Tahun bulan lalu, ada program Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS 12th Anniversary Edition. Program ini berlangsung pada 17-30 Agustus setiap Pukul 15.00 - 16.00 WIB.

Selama periode itu, masyarakat memiliki kesempatan untuk mendapatkan photocard eksklusif anggota BTS.

“Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat selama program ini berlangsung. Penjual yang mengikuti program ini berhasil mencatat kenaikan transaksi rata-rata 26 kali lipat,” kata AVP of Fulfillment Erwin Dwi Saputra dalam keterangan pers, Rabu (22/9).

Ia menyampaikan, program itu bertujuan memberikan pengalaman belanja untuk masyarakat. “Selain itu, program Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS diharapkan dapat membantu penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta dan hampir seluruhnya UMKM lokal,” kata dia.

Program pun dijadwalkan kembali diadakan pada 24 - 30 September setiap Pukul 15.00 - 16.00 WIB.

Setelah menggaet BTS dan Blackpink, Tokopedia pun berhasil menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan pada kuartal II, berdasarkan data iPrice. Jumlah kunjungan ke platform Tokopedia 147,79 juta per bulan di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...