Gaet BTS, Tokopedia Salip Shopee dan Dongkrak Transaksi 26 Kali Lipat

Tokopedia mencatat, transaksi penjual meningkat 26 kali lipat pada periode WIB bulan lalu. Saat itu, ada program Photocard BTS. Tokopedia pun berhasil menyalip Shopee.
Image title
22 September 2021, 17:22
tokopedia, shopee, e-commerce, bts
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/pras.
Pengguna Tokopedia bertransaksi melalui gawai di Jakarta, Senin (4/5/2020).

Tokopedia mencatat, transaksi penjual yang berpartisipasi dalam Waktu Indonesia Belanja (WIB) Spesial Traktiran Ulang Tahun bulan lalu, meningkat 26 kali lipat dibandingkan periode sama tahun lalu (year on year/yoy). E-commerce ini pun mengandalkan boyband asal Korea Selatan, BTS.

Dalam acara WIB Spesial Traktiran Ulang Tahun bulan lalu, ada program Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS 12th Anniversary Edition. Program ini berlangsung pada 17-30 Agustus setiap Pukul 15.00 - 16.00 WIB.

Selama periode itu, masyarakat memiliki kesempatan untuk mendapatkan photocard eksklusif anggota BTS.

“Kami melihat antusiasme yang luar biasa dari masyarakat selama program ini berlangsung. Penjual yang mengikuti program ini berhasil mencatat kenaikan transaksi rata-rata 26 kali lipat,” kata AVP of Fulfillment Erwin Dwi Saputra dalam keterangan pers, Rabu (22/9).

Ia menyampaikan, program itu bertujuan memberikan pengalaman belanja untuk masyarakat. “Selain itu, program Photocard Eksklusif Tokopedia x BTS diharapkan dapat membantu penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta dan hampir seluruhnya UMKM lokal,” kata dia.

Program pun dijadwalkan kembali diadakan pada 24 - 30 September setiap Pukul 15.00 - 16.00 WIB.

Setelah menggaet BTS dan Blackpink, Tokopedia pun berhasil menyalip Shopee dari sisi jumlah kunjungan ke platform per bulan pada kuartal II, berdasarkan data iPrice. Jumlah kunjungan ke platform Tokopedia 147,79 juta per bulan di Indonesia.

Sedangkan Shopee 126,99 juta. Ini pertama kalinya Tokopedia mengungguli Shopee sejak kuartal III 2019.

CEO Tokopedia Wiliam Tanuwidjaja sebelumnya mengatakan, penunjukkan BTS dan Blackpink memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. "Saat kami mengajak tokoh dunia seperti BTS dan Blackpink, setiap bulan bisa world wide trending topic," ujar dia dalam Wealth Wisdom 2021: Step Up To The New Creative Economy, akhir pekan lalu (18/9).

Wiliam bercerita, BTS dan Blackpink memiliki pengaruh yang besar. Kedua grup musik asal Korea Selatan ini dapat diajak untuk mengangkat produk Indonesia di panggung dunia. "BTS itu bisa diajak misalnya, minum susu cokelat atau susu pisang khas Indonesia sehingga produk lokal dapat terangkat," katanya.

BTS dan Blackpink hadir dalam acara WIB TV Show yang digelar setiap akhir bulan. Program ini dibuat untuk mendorong penjualan  mitra Tokopedia yang sebagian besar menjual produk-produk lokal.

"Kami tahu permintaan harus didorong karena itu setiap tanggal 25 hingga akhir bulan setiap masyarakat Indonesia gajian kami membuat program untuk mendorong mereka berbelanja, terutama produk lokal," katanya. 

Wiliam mengatakan, lebih 100 juta orang Indonesia mengunjungi platform Tokopedia setiap bulannya. Ia berharap hal ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai mitra untuk mendorong penjualan mereka. 

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait