Para Menteri Kominfo G20 Bahas Data Antar-Negara di Bali

Para menteri Kominfo dari negara-negara G20 membahas tiga hal di Bali, salah satunya lalu lintas data antar-negara.
Cindy Mutia Annur
29 Agustus 2022, 17:06
kominfo, g20
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/rwa.
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menyampaikan sambutan saat pembukaan pertemuan keempat Digital Economy Working Grop (4th DEWG) Presidensi G20 Indonesia di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8/2022).

Para delegasi kementerian digital dari negara-negara G20 membahas tiga isu utama dalam pertemuan Digital Economy Working Group (DEWG) di Bali pada 1 September. Salah satunya terkait lalu lintas (traffic) antar-negara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan, isu pertama yang sudah dibahas dalam DEWG yakni konektivitas dan pemulihan pasca-pandemi Covid-19. Para menteri telah memetakan hasil diskusi.

Isu kedua yaitu keterampilan dan literasi digital. Para menteri Kominfo dari negara G20 itu pun menyiapkan ‘alat ukur’ terkait hal ini.

Para delegasi juga berbagi pengalaman seputar kebijakan yang diambil. “(Diskusi) pada situasi terhormat dan kurang terwakili dalam ekonomi digital, serta pertukaran kebijakan untuk keterampilan digital tingkat lanjut dan literasi digital,” ujar Johnny dalam pertemuan DEWG yang keempat di Nusa Dua, Bali, Senin (29/8).

Isu ketiga yakni lalu lintas data bebas dengan kepercayaan dan aliran data lintas-negara. Para delegasi telah menyelenggarakan lokakarya dialog multi-stakeholder.  

Lokakarya tersebut terkait identifikasi langkah-langkah untuk memfasilitasi berbagai tingkat pemahaman seputar tata kelola data. Selain itu, membahas secara mendalam operasional data, aliran bebas dengan kepercayaan dan aliran data lintas-negara di masa yang akan datang.

“Kami juga menyoroti key enabler yang penting dalam penerapan identitas digital, yang relevan dengan transaksi digital yang melibatkan data pribadi,” ujar dia.

Selama empat hari kedepan, Kementerian Kominfo bakal melaksanakan pertemuan DEWG yang keempat. Pemerintah juga akan menggelar pertemuan kerja industri alias industry task force (ITF) di sela-sela DEWG untuk menunjukkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20 sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan industri. 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Dalam rangka mendukung kampanye penyelenggaraan G20 di Indonesia, Katadata menyajikan beragam konten informatif terkait berbagai aktivitas dan agenda G20 hingga berpuncak pada KTT G20 Oktober 2022 nanti. Simak rangkaian lengkapnya di sini.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait