Alasan Telkomsel Rambah Bisnis Pinjaman Online PayLater

Telkomsel menyediakan layanan paylater, setelah merambah bisnis agregator pinjaman online akhir tahun lalu. Apa tujuan BUMN ini?
Lenny Septiani
28 November 2022, 15:43
Telkomsel, paylater, pinjaman online
Katadata (Courtesy of Telkomsel)
Telkomsel

Telkomsel rambah layanan pinjaman online jenis paylater dengan menggandeng startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) Kredivo. Ini bertujuan memudahkan pengguna mengakses layanan perusahaan.

Direktur Planning and Transformation Telkomsel Wong Soon Nam mengatakan, perusahaan berfokus memperkuat ekosistem digital nasional. Salah satu caranya, dengan menyediakan layanan pinjaman online Telkomsel PayLater.

Layanan paylater dinilai memudahkan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan. "Terutama terhadap akses paket data maupun paket berlangganan beragam kebutuhan digital," kata Soon Nam dalam konferensi pers Telkomsel PayLater, Senin (28/11).

Telkomsel PayLater memungkinkan pelanggan bertransaksi atas beragam produk dan layanan digital di MyTelkomsel dengan cara mencicil, seperti pembelian pulsa dan paket data hingga paket data hiburan digital Netflix dan Amazon Prime.

Pengguna tidak dikenakan bunga alias nol persen dengan pelunasan waktu pembayaran 30 hari. “Ada biaya layanan 1% dan biaya service," kata General Manager Kredivo Lily Suryani.

GM Financial Service Development Telkomsel Akhmad Fandhia menjelaskan, pasar Indonesia masih sangat besar. "Hanya sebagian kecil dari konsumen yang mempunyai kartu kredit dan 90% lebih tidak memiliki akses terhadap kartu kredit," ujarnya.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu pun meluncurkan platform agregator pinjaman online bernama Telkomsel Klop pada akhir tahun lalu. "Ini menjadi salah satu opsi masyarakat untuk mendapatkan akses layanan keuangan," kata General Manager Marketing P&T Telkomsel Lani Rahayu dalam konferensi pers virtual pada Desember (7/12/2021).

Platform itu menawarkan pinjaman kepada pengguna dengan mengandalkan kemampuan analisis dari data calon peminjam. Telkomsel Klop akan memberikan rekomendasi pilihan produk pinjaman yang seusai dengan preferensi dan kebutuhan pengguna.

Namun Telkomsel Klop tidak menawarkan pinjaman kepada pengguna secara langsung. Sumber pinjaman berasal dari mitra Layanan Jasa Keuangan (LJK), seperti fintech lending yang bekerja sama dengan perusahaan.

Pada tahap awal, Telkomsel Klop hanya bisa digunakan oleh pelanggan aktif Telkomsel. Baru kemudian tersedia bagi semua lapisan masyarakat.

Reporter: Lenny Septiani
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait