Telkomsel Gaet Fintech Kredivo untuk Sediakan Layanan Paylater

Telkomsel bekerja sama dengan fintech Kredivo untuk menyediakan layanan paylater. Limit pinjaman bisa mencapai Rp 30 juta.
Image title
19 Mei 2022, 15:31
telkomsel, bumn, kredivo, startup, fintech, paylater
Telkomsel
Telkomsel dan Kredivo bekerja sama dalam menyediakan layanan paylater

Telkomsel atau PT Telekomunikasi Seluler bekerja sama dengan startup teknologi finansial pembiayaan (fintech lending) FinAccel alias Kredivo. Kemitraan keduanya dalam rangka menyediakan layanan ‘beli sekarang bayar kemudian’ atau paylater.

Pada tahap awal, Telkomsel dan Kredivo menghadirkan layanan Telkomsel PayLater melalui super apps MyTelkomsel pada April. Limit pinjamannya hingga Rp 30 juta untuk pelanggan terpilih.

Alokasi tersebut dapat digunakan untuk pembiayaan beragam produk Telkomsel, mulai dari pulsa, paket data, produk digital, dan lainnya.

Telkomsel PayLater akan dikembangkan secara bertahap di luar platform MyTelkomsel. Ini supaya dapat menjadi solusi layanan keuangan digital bagi ekosistem digital Telkomsel lainnya, mulai dari Device Bundling, Dunia Games, MAXstream hingga Telkomsel Orbit.

Advertisement

“Layanan keuangan paylater saat ini terus tumbuh seiring dengan semakin tingginya adopsi gaya hidup digital masyarakat di tengah pandemi corona,” kata Direktur Planning dan Transformation Telkomsel Wong Soon Nam dalam keterangan pers, Kamis (19/5).

Telkomsel dan Kredivo akan mengoptimalkan aset ekosistem digital masing-masing untuk membuka lebih banyak peluang dengan menyediakan pembiayaan produk digital terintegrasi.

Berdasarkan riset IDC InfoBrief: How Southeast Asia Buys and Pays, Driving New Business Value for Merchants yang dirilis pada November 2021, transaksi paylater di Asia Tenggara diprediksi US$ 8,8 miliar pada 2025.

Pada tahun tersebut, Indonesia berpotensi menjadi pasar terbesar layanan paylater di Asia Tenggara. Total belanja masyarakat yang menggunakan skema ‘beli sekarang bayar kemudian’ meningkat 8,7% dibandingkan 2020.

Riset Research Institute of Socio-Economic Development (RISED)  pada Februari 2021 pun menunjukkan, konsumen di Nusantara mulai masif menggunakan layanan paylater. Rinciannya sebagai berikut:

“Peluang inilah yang ingin Telkomsel raih melalui kerja sama dengan Kredivo,” kata dia. Kolaborasi ini sekaligus menjadi bagian dari upaya Telkomsel untuk membuka semua peluang dan menghadirkan layanan keuangan digital bagi pelanggan.

“Telkomsel akan terus membuka peluang kolaborasi lebih luas untuk mengembangkan sektor keuangan digital nasional maupun lintas sektor industri di Indonesia dengan mengoptimalkan aset ekosistem digital yang kami miliki,” tambah Wong Soon Nam.

Telkomsel sebelumnya menghadirkan layanan keuangan seperti:

  • Uang elektronik dan dompet digital LinkAja
  • Financial Loan Aggregator Telkomsel Klop!
  • Mendukung transaksi perbankan melalui akses mobile digital yang terintegrasi Telkomsel REDI

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu juga berkolaborasi dan berinvestasi strategis berkelanjutan dengan pemain  fintech lending  melalui Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

CEO Kredivo Indonesia Umang Rustagi menambahkan, kemitraan tersebut membuat perusahaan semakin dekat untuk mencapai target 10 juta pengguna dalam beberapa tahun ke depan. “Ini juga pengakuan dari kepemimpinan Kredivo di industri paylater Indonesia,” ujarnya.

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait