Gubernur Bank Sentral AS: Tapering Off Bisa Terjadi Tahun Ini

Gubernur bank sentral AS Jerome Powell menegaskan bahwa ekonomi Amerika mulai pulih. Pimpinan The Fed ini menyampaikan, tapering off bisa dilakukan tahun ini.
Desy Setyowati
28 Agustus 2021, 07:29
bank sentral as, the fed, jerome powell, ekonomi amerika, tapering off
Reuters
Gubernur The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell

Gubernur The Fed Jerome Powell menegaskan bahwa pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) tengah berlangsung. Dalam pidatonya pada acara Jackson Hole, pimpinan bank sentral AS itu menyampaikan bahwa tapering off atau pengurangan pembelian aset bisa dilakukan tahun ini.

Jackson Hole merupakan pertemuan tahunan antara pejabat bank sentral di AS, pemerintah, ekonom dan akademisi. Ini membahas berbagai isu ekonomi baik domestik maupun global.

Dalam kesempatan itu, Jerome Powell juga menjelaskan alasan The Fed tidak terburu-buru memperketat kebijakan moneter. Ia pun memerinci tentang mengapa ia menganggap lonjakan inflasi hanya sementara.

Namun ia tidak memberikan sinyal mengenai kapan bank sentral berencana tapering off. Ia mengindikasikan bahwa The Fed akan tetap berhati-hati dalam setiap keputusan akhir untuk menaikkan suku bunga.

Advertisement

Mengenai keputusan untuk mulai mengurangi US$ 120 miliar dalam pembelian bulanan obligasi pemerintah atau treasury AS dan sekuritas, Powell mengatakan dia setuju dengan sebagian besar rekannya. “Jika pertumbuhan (jumlah) pekerjaan berlanjut, itu (tapering off) bisa tepat tahun ini,” kata dia dikutip dari Reuters, Sabtu malam (28/8).

Menurutnya, pasar tenaga kerja membaik beberapa minggu sejak pertemuan The Fed pada Juli. Hampir satu juta posisi pekerjaan diisi, dan diperkirakan terus meningkat.

Tetapi itu juga bertepatan dengan penyebaran virus corona varian Delta. Ia mengatakan, ini meningkatkan risiko yang perlu dievaluasi ketika perdebatan tentang tapering atau pengurangan pembelian obligasi berlanjut menjelang pertemuan pada medio September.

Beberapa hari sebelum pidato Powell, sejumlah presiden bank regional Fed mengatakan bahwa mereka sangat ingin melakukan tapering untuk mengurangi pembelian aset dengan cepat. Sebagian berpendapat, perubahan ini diperlukan untuk mempersiapkan kenaikan suku bunga yang mungkin diperlukan lebih cepat dari yang diperkirakan.

Data yang dirilis sebelumnya pada Jumat menunjukkan inflasi terus meningkat. Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi atau personal consumption expenditures (PCE) naik 4,2% dalam 12 bulan hingga Juli. Naik dua kali lipat dibandingkan target bank sentral 2%.

Meski begitu, Powell belum memberikan indikasi kapan tapering atau pengurangan pembelian obligasi akan dimulai. "Kami akan dengan hati-hati menilai data yang masuk dan risiko yang berkembang," kata dia.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait