Tokopedia dan Shopee Diserbu Pembeli, Apa Produk Lokal yang Laris?

Desy Setyowati
27 Mei 2021, 18:32
Tokopedia dan Shopee Ungkap Produk Lokal yang Laris
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, tampilan aplikasi e-commerce pada ponsel

Perusahaan e-commerce Tokopedia dan Shopee mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang ditetapkan oleh pemerintah pada 5 – 13 Mei. Keduanya mengungkapkan jenis produk lokal yang laris selama periode ini.

Total, kampanye tersebut didukung oleh 72 platform e-commerce. External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyampaikan, setidaknya ada lima jenis produk yang diminati selama periode BBI.

Advertisement

Pertama, makanan dan minuman. Transaksi produk ini meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan 5 – 13 Mei tahun lalu. “Kami mencatat paket dan parsel makanan, serta makanan ringan dan minuman sebagai produk favorit di kategori ini selama kampanye hari BBI,” kata Ekhel dalam siaran pers, Kamis (27/5).

Kedua, penjualan produk ibu dan bayi yang meningkat lebih dari dua kali. Barang yang paling banyak dibeli yakni makanan dan susu bayi, perawatan bayi, serta makanan dan susu ibu hamil.

Ketiga, produk kesehatan, yang transaksinya naik hampir tiga kali lipat. Barang yang diminati yaitu perlengkapan kebersihan, masker, dan obat-obatan.

Keempat, transaksi kategori fashion meningkat lebih dari enam kali dibandingkan hari biasa. “Walaupun banyak masyarakat yang masih harus beraktivitas dari rumah, kategori fashion tetap diminati,” ujar Ekhel.

Terakhir, elektronik lokal. “Ada kenaikan hingga lebih dari enam kali lipat, “ ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement