Alibaba Bidik Transaksi Ribuan Triliun Rupiah pada 11.11

Fahmi Ahmad Burhan
27 Oktober 2021, 17:32
Alibaba, e-commerce, cina, 11.11
Instagram/@alibaba.group
Ilustrasi, Alibaba

Alibaba menargetkan nilai transaksi bruto alias gross merchandise volume (GMV) pada 11.11 nanti melebihi perolehan tahun lalu 498,2 miliar yuan atau sekitar Rp 1.049,3 triliun. Raksasa e-commerce asal Cina ini pun menyiapkan tiga strategi.

Pertama, mengandalkan layanan belanja melalui siaran langsung atau live-streaming. "Ini penting untuk dikembangkan, karena bisa melibatkan konsumen ke lebih banyak transaksi,” kata Chief Marketing Officer of Alibaba Group Chris Tung dalam konferensi pers virtual, Rabu (27/10).

Pada 11.11, Alibaba meningkatkan kemampuan fitur live-streaming, seperti menyiapkan studio khusus dan menggunakan analisis data guna menjangkau target pemirsa yang tepat sasaran. 

Kedua, Alibaba mengembangkan fitur pemasaran berlangganan agar penjual bisa meningkatkan transaksi selama festival belanja 11.11. Dengan layanan ini, penjual bisa membuat konten video pendek yang menarik minat konsumen dalam bertransaksi.  

"Penjual juga bisa mendapatkan analisis data untuk menjangkau konsumen," kata Chris.

Ketiga, mengandalkan kemampuan manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM). Alibaba juga mendorong penjual memanfaatkan layanan software CRM berlangganan, agar keterlibatan atau engagement konsumen semakin tinggi.

Pada 11.11 tahun lalu, Alibaba mencatatkan GMV Rp 1.049,3 triliun selama 11 hari dalam festival belanja 11.11. Chief Technology Officer of Alibaba Group Li Cheng mengatakan, pesanan mencapai 583 ribu per detik selama hampir setengah menit pada tengah malam.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...