Fitur Live Streaming Masih Jadi Pendongkrak Transaksi E-Commerce di RI

Fahmi Ahmad Burhan
18 Oktober 2021, 15:01
E-commerce, shopee, lazada, tokopedia
ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR
Warga memilih barang-barang belanjaan yang dijual secara daring di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Shopee, Lazada, dan Tokopedia mencatatkan peningkatan penggunaan fitur siaran langsung atau live streaming. Fitur ini juga masih menjadi andalan guna mendongkrak transaksi pada festival belanja akhir tahun.

Head of Public Affairs Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, fitur live streaming Shopee Live menjadi salah satu fitur yang mendapatkan antusiasme tinggi dari pengguna. Ini utamanya selama festival belanja.

Pada gelaran festival belanja 9.9 Super Shopping Day September misalnya, pengguna menghabiskan 24 juta jam untuk menonton rangkaian tayangan Shopee Live. Ini termasuk saat pengumuman aktor Joe Taslim sebagai brand ambassador Shopee Indonesia dan TV Show Shopee 9.9 Super Shopping Day.

Radynal mengatakan, fitur itu juga akan menjadi andalan Shopee guna mendongkrak transaksi pada festival belanja 11.11 atau 12.12. "Ini karena fitur Shopee Live dapat membantu pelaku usaha memperluas jangkauan, meningkatkan kehadiran online, dan memudahkan penonton untuk dapat langsung membeli produk," katanya kepada Katadata.co.id, akhir pekan lalu (16/10).

SVP Seller Operations Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro mengatakan, ada peningkatan cukup signifikan dari sisi jumlah penonton dan merek (brand) di fitur LazLive. Namun ia tidak memerinci angkanya.

Ia mengatakan, jumlahnya meningkat terutama saat festival belanja. "Kami yakin live streaming akan terus menjadi alternatif cara penjual untuk meningkatkan keterlibatan para pelanggan dengan cara berbeda," katanya.

Begitu juga dengan Tokopedia. E-commerce bernuansa hijau ini mempunyai fitur live streaming yang menjadi andalan selama promosi seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB).

Dikutip dari Tech In Asia, Tokopedia mencatatkan peningkatan pembuatan konten mingguan di fitur live streaming Tokopedia Play hingga delapan kali lipat selama pandemi corona.

Sedangkan angka penayangan bulanan pada paruh pertama tahun ini meningkat 16 kali lipat dibandingkan Januari. Tingkat adopsi belanja melalui fitur live streaming tumbuh dua digit atau 10% lebih.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...