Survei APJII: UMKM Lebih Pilih Tokopedia dan Lazada

Lenny Septiani
17 Mei 2023, 11:48
TikTok, Tokopedia, Shopee, lazada
TikTok, Tokopedia, Shopee, Katadata/Desy Setyowati
TikTok, Tokopedia, Shopee

Pelaku UMKM lebih memilih platform e-commerce Tokopedia dan Lazada untuk berjualan, menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Bagaimana dengan Shopee dan TikTok Shop?

“Sebanyak 73,73% pelaku usaha menggunakan Tokopedia untuk berjualan,” demikian dikutip dari laporan APJII, Rabu (17/5).

Rincian e-commerce yang digunakan pelaku UMKM, yakni:

  1. 73,73% Tokopedia
  2. 38,81% Lazada
  3. 34,33% Shopee
  4. 12,54% Blibli
  5. 5,97% OLX
  6. 5,97% tidak tahu / tidak mau menjawab
  7. 10,15% semua atau beberapa media sosial
  8. 10,75% lainnya

Laporan tersebut juga menyebutkan 80% pelaku UMKM melakukan promosi melalui media internet, seperti:

  1. Situs website sendiri 26,18%
  2. Marketplace 26,18%
  3. Iklan Google atau situs website lain  11,32%
  4. Email pemasaran 9,74%
  5. Blog 2,5%
  6. Tidak ada 2,11%
  7. Grabfood / Gofood 0,79%
  8. TikTok Shop 0,13%

Survei APJII tersebut dilakukan terhadap 1.000 UMKM dan korporasi yang tersebar di Indonesia selama 24 Januari - 9 Maret, dengan cara wawancara dan kuesioner. Survei menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.

Kontrol kualitas dilakukan random atas 30% dari total sampel. Sementara itu, tingkat kesalahan alias margin of error 3,1% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Kriteria responden yakni:

  • Pemilik/pengurus/karyawan yang dapat menjawab terkait penggunaan internet pada entitas usaha
  • Entitas memiliki izin usaha
  • Usaha yang dilakukan beroperasi pada bangunan permanen atau memiliki virtual office
  • Bukan merupakan cabang atau franchise

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...