Menteri Teten Ungkap Alasan RI Was-was E-Commerce Cina TikTok dan Temu

Desy Setyowati
23 November 2023, 12:28
Temu, tiktok shop, tiktok, teten, cina,
Momentum Works
Temu Pinduoduo

TikTok Shop resmi tutup di Indonesia pada awal Oktober (4/10) untuk mematuhi peraturan baru e-commerce. Kini Menteri Koperasi dan UKM atau Menkop UKM Teten Masduki mewaspadai platform asal Cina lainnya yakni Temu.

Apa alasan Menteri Teten Masduki mewaspadai e-commerce Cina seperti TikTok Shop dan Temu? Teten mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi Negeri Panda tengah menurun. Rinciannya dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

Advertisement

Alhasil, produsen Cina mengincar pasar di negara lain untuk tetap tumbuh, dengan memberikan harga yang murah. “Tidak mungkin UMKM Indonesia bisa bersaing. Industri fashion, konveksi yang selama ini banyak menyerap tenaga kerja, mengeluhkan itu,” kata Teten di Nusa Dua, Bali, Selasa (21/11).

Sementara itu, e-commerce Temu memasok produk kebutuhan sehari-hari atau consumer goods yang terhubung dengan 25 pabrik di Cina langsung ke konsumen. Proses ini menghilangkan peran reseller, affiliator, dan distributor, sehingga harga produknya murah.

“Itu kan pasti akan menghilangkan banyak rantai distribusi, bakal banyak kehilangan lapangan kerja. Sebab, produknya lebih efisien sehingga produk Indonesia tidak mungkin bisa bersaing,” ujar Teten

Oleh karena itu, ia khawatir Temu akan mengganggu pasar produk lokal hingga berdampak terhadap sektor tenaga kerja, jika masuk ke Indonesia.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Antara, Lenny Septiani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement