TikTok Disebut Gaet Tokopedia Minggu Depan, Lampu Hijau dari 4 Menteri

Desy Setyowati
6 Desember 2023, 07:45
Tokopedia, TikTok, goto,
Katadata/Desy Setyowati
Logo Tokopedia dan TikTok Shop

TikTok Shop dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk berinvestasi di unit e-commerce GoTo Gojek Tokopedia. Kerja sama ini sebenarnya sudah mendapatkan 'lampu hijau' dari setidaknya empat kementerian.

“TikTok Shop setuju untuk bekerja sama dengan Tokopedia milik GoTo di beberapa wilayah, ketimbang bersaing langsung,” kata beberapa sumber Bloomberg yang mengetahui perjanjian tersebut, dikutip Selasa (5/12).

Jika itu terwujud, maka ini akan menjadi pelopor pola kerja sama e-commerce di Asia Tenggara.

“TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia akan mengumumkan rincian kerja sama tersebut secepatnya pada minggu depan,” kata salah satu sumber.

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada TikTok dan Tokopedia. Namun belum ada tanggapan.

Sementara itu, rencana TikTok bekerja sama dengan GoTo Gojek Tokopedia sudah mendapatkan lampu hijau dari setidaknya empat kementerian, yakni:

1. Kominfo

Menteri Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan kolaborasi yang bersifat Business-to-Business alias B2B dan tidak melanggar aturan harus didukung, terutama untuk membesarkan ekonomi digital negara.

"Yang pasti masyarakat sebagai konsumen dan negara harus diuntungkan, karena seharusnya barang impor berkurang. UMKM bisa dilindungi," kata Budi di Jakarta, akhir pekan lalu (30/11).

Namun sepengetahuannya, TikTok Shop belum mengajukan izin e-commerce. Oleh karena itu, ia belum bisa memastikan terkait wacana kembalinya social commerce asal Cina ini ke Indonesia.

Meski begitu, ia mendukung apabila kolaborasi bisa terjalin antara TikTok Shop dan e-commerce dalam negeri seperti Tokopedia. “Ekosistem digital Indonesia harus sehat. Kerja sama B2B tidak masalah," katanya.

2. Kemendag

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mempersilakan TikTok Shop beroperasi lagi di Indonesia. Namun dengan catatan, mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.

“Kami tidak anti-asing. Yang penting ditata harus bisa mendukung UMKM agar bisa memperluas pasar bahkan sampai ke internasional, ekspor. Kalau itu tidak apa-apa. Kan sama-sama menguntungkan,” kata Zulkifli pada Rabu (29/11).

Halaman:

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...