Gelar Volunteering, Blibli Tiket ACTION Dorong Karyawan Perkuat LST
Dalam lanskap bisnis yang berkembang pesat, praktik lingkungan, sosial, dan tata kelola (LST) menjadi kekuatan pendorong untuk menciptakan keberlanjutan usaha dan meningkatkan kepercayaan karyawan, pelanggan, investor serta masyarakat.
Bagi karyawan, lingkungan kerja yang kondusif berdampak positif bagi produktivitas, dedikasi, dan kesehatan mental karyawan. Tidak hanya menumbuhkan atmosfer yang harmonis pada tim kerja tapi juga meningkatkan retensi karyawan yang bermanfaat bagi perusahaan.
Upaya perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang nyaman adalah dengan menanamkan nilai LST dalam setiap aspek perusahaan. Dengan membangun budaya yang mengutamakan keberlanjutan, keberagaman, inklusi, serta tata kelola yang etis, organisasi dapat menciptakan lingkungan kerja yang menarik. Dengan begitu dapat memperkuat partisipasi, produktivitas, dan loyalitas karyawan.
Salah satu strategi yang digunakan adalah memfasilitasi karyawan untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang berdampak pada komunitas sekitar, sekaligus menginternalisasikan nilai-nilai ESG, terutama dalam hal kinerja sosial.
Employee Volunteering Wadah Partisipasi Karyawan
Berupaya memfasilitasi karyawan untuk melakukan aktivitas sosial, banyak perusahaan, termasuk Blibli Tiket menerapkan kegiatan relawan atau disebut employee volunteering. Ini didukung dari laporan “Indonesian Volunteering Study” tahun 2022 menemukan bahwa tanggung jawab sosial menjadi motivasi kerelawanan.
Kegiatan ini merupakan suatu wadah agar karyawan dapat turut terlibat dalam kegiatan sosial dan sesuai dengan nilai perusahaan.
Selaras dengan upaya Blibli Tiket untuk mengintegrasikan nilai LST ke dalam DNA perusahaan maka kegiatan volunteer menjadi wadah untuk menginternalisasikan nilai tersebut dalam budaya perusahaan.
Melalui Blibli Tiket ACTION–payung program keberlanjutan Blibli Tiket–dengan fokus materialitas pelatihan & pengembangan karyawan, dan relasi komunitas mengajak keterlibatan aktif karyawan dalam employee volunteering.
Adapun Blibli Tiket ACTION saat ini tengah berfokus pada enam fokus materialitas dalam mengimplementasikan strategi keberlanjutan. Keenam fokus tersebut, yakni penggunaan sumber daya, pengelolaan limbah, pengurangan emisi, pelatihan dan pengembangan, hubungan komunitas, serta tata kelola data dan privasi.
Masih dalam momen kebersamaan Ramadan maka Blibli Tiket melaksanakan employee volunteering dan pengumpulan donasi. Para Bliblioneers dan t-Fams – sebutan bagi karyawan Blibli dan tiket.com – aktif terlibat sebagai fasilitator dalam memberikan pelatihan pendidikan informal bagi anak-anak di kawasan Tipar Cakung.
Blibli Tiket juga mengajak mitra usaha diantaranya: The Gourmet by Ranch Market, Milk Life dan 5 Days Croissant untuk menyediakan makanan dan minuman berbuka puasa untuk anak-anak termarjinalkan di kawasan sekitar lokasi gudang Blibli.
Inistiatif volunteering yang dilaksanakan bekerja sama dengan Inspiration Factory Foundation – yayasan yang fokus memberikan akses pendidikan keterampilan abad ke-21 sebagai harapan baru bagi anak-anak termarjinalkan.
”Dalam program Tiap Hari Rayain Kebersamaan pada Ramadan ini, Blibli Tiket ACTION menggandeng Inspiration Factory Foundation untuk mendukung upaya pemerintah dalam menghadirkan ruang terbuka ramah anak dan akses pendidikan informal sebagai bekal keterampilan bagi anak-anak termarjinalkan. Hal ini didukung oleh data Kemendikbud Ristek yang menunjukkan terdapat 75.303 anak putus sekolah pada tahun 2021 di Indonesia” kata Astrid Warsito, Senior PR Manager Blibli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (25/4).
Dalam kesempatan yang sama, Co-Founder and Director Inspiration Factory Foundation, Jenny Tjoa, menyatakan pendidikan merupakan cara untuk mendorong anak berkembang, serta dapat dilihat dan didengar oleh masyarakat.
Blibli Tiket ACTION bersama Inspiration Factory Foundation menghadirkan rangkaian kegiatan pendidikan informal dengan membekali keterampilan untuk anak-anak yang termarjinalkan.
Para Bliblioneers dan t-Fams yang hadir sebagai volunteers dalam kegiatan bermain sambil belajar, diantaranya edukasi mengenai pengelolaan sampah, membuat karya seni, ditutup dengan hiburan dan buka puasa bersama.
Eka Nugraha, salah satu volunteer dari t-Fam menyatakan program employee volunteering ini menjadi program reguler di perusahaan. Selain pada Ramadan, perusahaan turut memiliki program pelatihan dan pendampingan di Jagoan Pariwisata.
Dalam program dimaksud, perusahaan berkesempatan menjadi mentor bagi pelaku UMKM di Desa Wisata untuk memberikan ilmu dan rekomendasi terhadap kemajuan dan keberlanjutan bisnis mereka.
“Ke depannya, kami berharap akan semakin banyak kegiatan employee volunteering dengan kolaborasi bersama mitra yang sejalan dengan bisnis berkelanjutan kami,” kata Eka.