Bagaimana Nasib OVO jika Merger Tokopedia dan Gojek Terwujud?

Desy Setyowati
29 Januari 2021, 12:02
Bagaimana Nasib OVO jika Tokopedia dan Gojek Merger?
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi logo OVO

Tokopedia dan Gojek dikabarkan menjajaki berbagai opsi terkait merger, termasuk mendirikan perusahaan induk. Jika ini terjadi, Tokopedia disebut-sebut berpotensi melepas sahamnya di OVO.

DealStreetAsia melaporkan, Tokopedia dan afiliasinya memiliki 41% saham di OVO. Rinciannya yakni Tokopedia mempunyai 36,1% saham di induk OVO, Bumi Cakrawala Perkasa.

Advertisement

Lalu, co-founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison dan William Tanuwijaya memiliki 5% melalui PT Wahana Innovasi Lestari yang diakuisisi dari Grab pada Februari 2020. Grab Inc menguasai 39,2% saham di induk OVO.

Sedangkan Gojek memiliki layanan teknologi finansial (fintech) pembayaran GoPay. Seorang eksekutif yang terlibat dalam diskusi merger itu mengatakan, Tokopedia bakal menjual sahamnya di OVO apabila bergabung dengan Gojek.

Sumber Tech In Asia yang dekat dengan OVO menilai, merger Tokopedia dan Gojek kemungkinan tidak akan berpengaruh besar terhadap bisnis fintech bernuansa ungu ini. Alasannya, “OVO sudah mengurangi ketergantungannya pada (ekosistem) Tokopedia,” demikian dikutip dari Tech In Asia, Kamis (28/1).

Head of Corporate Communication OVO Harumi Supit tidak dapat mengomentari terkait rumor maupun isu yang beredar. “Saat ini, kami berfokus pada pengembangan layanan finansial,” kata dia kepada Katadata.co.id, Jumat (29/1).

Yang terbaru, OVO mengintegrasikan platform dengan layanan finansial dan investasi Bareksa. “Pengguna kini dapat mengakses layanan pembayaran digital, asuransi, pinjaman, serta investasi melalui platform OVO. Ini diharapkan terus bagi seluruh konsumen,” kata dia.

Fintech tersebut berfokus pada kolaborasi untuk mengembangkan ekosistem. Jumlah mitra pun naik 30% per kuartal III 2020.

Data Bank Indonesia (BI), OVO menguasai pasar uang elektronik di Indonesia yakni 20% pada 2019. Secara rinci dapat dilihat pada Tabel di bawah ini:

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement