Harga Bitcoin Makin Mendekati Rp 1 Miliar per Koin

Fahmi Ahmad Burhan
22 Februari 2021, 14:37
Harga Bitcoin Makin Mendekati Rp 1 Miliar per Koin
Katadata
Ilustrasi bitcoin

Harga bitcoin sempat menyentuh US$ 58.278 atau Rp 822,3 juta per koin pada hari ini. Analis memperkirakan, harga mata uang kripto (cryptocurrency) itu segera melampaui Rp 1 miliar.

Coindesk mencatat, harga bitcoin melonjak 500% selama setahun terakhir. CEO Indodax Oscar Darmawan menilai bahwa peningkatan ini terjadi karena tingginya permintaan dari segmen korporasi dan konglomerat.

“Korporasi, konglomerat, dan orang-orang masih akan membeli bitcoin,” kata Oscar kepada Katadata.co.id, Senin (22/2). “Bitcoin kan bisa dimiliki dengan pecahan terkecil p 10 ribu.”

Meski begitu, ia mengingatkan bahwa bitcoin, sebagaimana portofolio investasi lainnya, harganya bisa saja turun.

Pada 2017, harga bitcoin juga sempat melonjak dan menyentuh rekor. Namun, harganya melorot tajam dari US$ 19.829 menjadi di bawah US$ 4.000 dalam setahun.

Namun, beberapa analis memperkirakan fenomena seperti itu tidak akan terjadi tahun ini. Alasannya, penguatan harga bitcoin kali ini dinilai karena investor institusi, sementara pada 2017 didorong oleh spekulan.

Pada awal Februari lalu misalnya, produsen mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla membeli bitcoin US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 21 triliun. Ini menambah daftar korporasi yang berminat terhadap bitcoin seperti PayPal, Fidelity Investments, Squared, Microstrategy, Square, JP Morgan, dan Bank of America.

"Ada sejumlah alasan mengapa bitcoin melonjak, tetapi yang paling menonjol yakni tren yang dimulai dari Tesla," kata kepala perdagangan di jaringan blockchain NEM Nicholas Pelecanos dikutip dari Forbes, akhir pekan lalu (20/2). 

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...