Fintech Xendit Dikabarkan Ingin Akuisisi Bank Sahabat Sampoerna

Desy Setyowati
18 April 2022, 10:05
bank sahabat sampoerna, fintech, startup, akuisisi, Xendit
Xendit.co.id
Logo Xendit

Xendit dikabarkan membidik mayoritas saham Bank Sahabat Sampoerna. Startup teknologi finansial (fintech) ini juga mengonfirmasi akan membeli saham perusahaan multifinance PT Globalindo Multi Finance.

Kabar Xendit berencana membeli saham Bank Sahabat Sampoerna pertama kali dilaporkan oleh DailySocial. Aksi korporasi ini kabarnya akan dilakukan secara bertahap sampai akhirnya fintech itu menguasai 51%.

Advertisement

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada Xendit. Namun fintech ini belum mau berkomentar.

Pekan lalu, Xendit mengonfirmasi akan membeli saham perusahaan multifinance PT Globalindo Multi Finance. Ini terkait dengan rencana Globalindo Multi Finance merger dengan PT Emas Persada Finance.

“Yang saat ini diumumkan di media adalah rencana aksi korporasi dari Globalindo Multi Finance mengenai perubahan kepemilikan. Xendit group nantinya menjadi salah satu pemilik dari Globalindo Multi Finance,” kata bagian Humas Xendit kepada Katadata.co.id, minggu lalu (13/4).

Namun ia belum memerinci terkait besaran saham yang akan dibeli maupun porsi Xendit nantinya. “Kami akan sampaikan lebih lanjut saat proses administrasi sudah selesai,” kata dia.

Dia juga enggan berkomentar mengenai rencana pengembangan produk Xendit ke depan dari akuisisi tersebut. “Tetapi, kehadiran produk pembiayaan akan menambah value added service kami,” ujar dia.

Xendit mengumpulkan US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triliun dalam putaran pendanaan seri C pada September 2021. Setelah meraih dana segar, startup fintech payment gateway ini disebut-sebut berstatus unicorn.

Halaman:
Reporter: Desy Setyowati, Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement