Facebook Siapkan Rp 12,5 Miliar untuk UMKM Indonesia Terpukul Corona

Fahmi Ahmad Burhan
7 Oktober 2020, 11:21
Facebook Siapkan Rp 12,5 Miliar untuk UMKM Indonesia Terpukul Corona
Katadata
Ilustrasi Facebook

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Facebook menyiapkan Rp 12,5 miliar untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia yang terpukul pandemi corona. Namun, ada beberapa syarat untuk memperoleh bantuan ini.

Syaratnya yakni memiliki dua hingga 50 karyawan dan menjalankan usaha lebih dari setahun. Selain itu, bisnisnya terbukti terkena dampak pandemi Covid-19.

Advertisement

"Kami ingin memberikan dukungan yang bermanfaat, termasuk finansial untuk membantu mereka bangkit kembali," kata Director Facebook untuk Indonesia Pieter Lydian dikutip dari siaran pers, Rabu (7/10).

UMKM yang ingin mendapatkan bantuan dari Facebook bisa mendaftar mulai kemarin hingga 13 Oktober. Perusahaan pun bermitra dengan Deloitte Consulting dan Goodera untuk menyeleksi pendaftar.

Facebook memang menyiapkan dana US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,6 triliun untuk membantu 30 ribu UMKM di 30 negara lebih, termasuk Indonesia. Sebab, UMKM dinilai sangat terpukul pandemi virus corona.

Sedangkan di Indonesia, UMKM menjadi tulang punggung perekonomian. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM), 60% UMKM terpukul pandemi karena permintaan menurun di masa pagebluk ini.

Selain itu, UMKM menyerap 97% tenaga kerja di Tanah Air. Sedangkan jumlah UMKM di Tanah Air dapat dilihat pada Databoks di bawah ini:

Selain bantuan finansial, Facebook memberikan pelatihan secara online kepada UMKM. Pemilik usaha dapat bergabung di Boost with Facebook, untuk mendapatkan saran terkait bisnis dari para ahli dan sesama pengusaha.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement