Fokus ke Pasar Indonesia, Yamaha Ikut Investasi di Grab Rp 2,1 Triliun
Yamaha Motor Co Ltd mengucurkan investasi sebesar US$ 150 juta atau sekitar Rp 2,1 triiun ke Grab. Dalam pernyataan resminya, Yamaha menyebut kerja sama dengan Grab akan difokuskan di ASEAN khususnya pasar Indonesia.
Di samping soal suntikan dana investasi, kerja sama yang terjalin ini juga memungkinkan mitra driver Grab mendapat kemudahan dalam membeli sepeda motor Yamaha. Grab juga akan memanfaatkan teknologi dan keahlian Yamaha dalam keselamatan berkendara sepeda motor.
Yamaha menambah panjang deretan investor yang berpartisipasi dalam penggalangan dana seri H Grab. Perusahaan ride hailing yang berbasis di Singapura itu menargetkan investasi sebesar US$ 3 miliar hingga akhir tahun ini.
Selain Yamaha, beberapa investor yang turut dalam putaran pendanaan kali ini adalah Toyota (US$ 1 miliar), Hyundai (US$ 250 juta), Thai Bank (US$ 50 juta), Booking (US$ 250 juta), Microsoft, UOB, dan beberapa perusahaan lain.
(Baca juga: Grab Tak Akan Obral Diskon untuk Bersaing dengan Gojek di Singapura)
Sebelum ke Grab, Yamaha juga berinvestasi ke startup yang menawarkan jasa rental kendaraan di India, Drivezy.