Gojek Investigasi Restoran Viral yang Diduga Punya Tujuh Akun

Fahmi Ahmad Burhan
16 Juni 2021, 10:26
Gojek Investigasi Restoran Viral yang Diduga Punya Tujuh Akun
gojek
Ilustrasi mitra GoFood dan mitra pengemudi Gojek

Unggahan salah satu pengguna GrabFood dan GoFood tentang restoran yang memiliki tujuh akun viral di media sosial akhir-akhir ini. Gojek pun menginvestigasi nama-nama mitra yang disebutkan dalam konten video tersebut.

Hasil sementara investasi menunjukkan bahwa dua nama restoran yang disebut dalam video, bukan mitra GoFood. “GoFood akan menindaklanjuti jika ada restoran dengan nama persis sama namun ternyata bukan franchise maupun cabang,” ujar VP Corporate Affairs Food and Groceries Gojek Rosel Lavina kepada Katadata.co.id, Rabu (16/6).

Ia menegaskan bahwa perusahaan selalu melakukan proses verifikasi, jika nama mitra yang didaftarkan sama persis dengan restoran yang sudah ada. Ini bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP).

Selain itu, ia menyatakan bahwa GoFood selalu menerapkan kontrol kualitas menyeluruh dalam proses penerimaan mitra. Ini guna memastikan keselarasan informasi di sistem dengan kondisi fisik di lapangan.

Saat melakukan registrasi di aplikasi GoBiz, pemilik restoran pun wajib mengisi informasi lengkap terkait data pemilik dan usaha. Informasi ini kemudian diverifikasi oleh sistem.

Setelah lolos verifikasi dan konfirmasi ulang oleh pemilik restoran, akun akan teraktivasi dan mitra usaha bisa mulai menerima pesanan via GoBiz.

“Apabila diperlukan tindak lanjut, kami akan melakukan proses tambahan yaitu pengecekan langsung ke lokasi oleh mitra driver (driver checking) untuk melihat restoran yang terdaftar di GoBiz secara fisik,” kata Rosel. Ini untuk memastikan keberadaan toko telah sesuai dengan data yang diisi oleh pemilik restoran.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...