Ini yang Bisa Dilakukan Driver Gojek dan Grab jika Penumpang Tak Bayar

Lenny Septiani
4 Mei 2023, 14:52
Gojek, ojol, Grab
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi aplikasi Gojek dan Grab

Viral di media sosial penumpang perempuan disebut-sebut enggan membayar layanan perjalanan GrabCar dari Jakarta ke Ciawi. Apa yang harus dilakukan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol seperti Gojek dan Grab jika penumpang tidak membayar?

Berdasarkan keterangan kepolisian, kasus viral penumpang tidak membayar biaya perjalanan itu hanya kesalahpahaman. Konsumen ternyata meminta driver taksi online untuk menunggu rekannya membawakan uang Rp 300.000.

Namun driver taksi online tersebut kadung menyebarluaskan konten yang menyebut penumpang perempuan itu tidak membayar biaya transaksi.

Meski begitu, penumpang yang memilih metode pembayaran tunai memang ada yang berpotensi kabur atau melepaskan tanggung jawab. Lalu apa yang bisa dilakukan oleh pengemudi taksi dan ojek online alias ojol?

Grab

Head, Corporate & Policy Communications Grab Indonesia Dewi Nuraini menyampaikan, mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol bisa melaporkan penumpang yang enggan membayar biaya perjalanan sesuai yang tercantum di aplikasi, melalui dua cara.

Cara yang dimaksud yakni:

1. Laporkan Kejadian melalui Fitur Ulasan Perjalanan di aplikasi GrabDriver. Caranya sebagai berikut:

  • Selesaikan perjalanan
  • Isi nominal pembayaran
  • Konfirmasi
  • Berikan penilaian untuk penumpang
  • Pilih wajah warna merah
  • Pilih bagian keluhan ‘Penumpang Tidak Membayar’
  • Jelaskan detail kejadian pada kolom komentar
  • Ulasan yang telah dikirim akan segera ditindaklanjuti oleh Grab

2. Laporkan Kejadian melalui Pusat Bantuan Grab di aplikasi GrabDriver. Caranya yakni:

  • Buka aplikasi dan pilih bagian ‘Akun’
  • Pilih ‘Pusat Bantuan’
  • Pilih ‘Chat Kami’ atau ‘Hubungi Kami’ untuk menyampaikan keluhan secara langsung kepada Grab Support (Customer Service)
  • Grab akan segera menindaklanjuti laporan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol dengan menghubungi penumpang dan mengingatkan kembali biaya perjalanan yang harus dibayarkan
  • Jika penumpang dapat dihubungi, pihak Grab akan menarik biaya perjalanan dari metode pembayaran yang telah disepakati oleh penumpang
  • Jika penumpang tidak dapat dihubungi, Grab akan mengganti biaya perjalanan yang akan langsung masuk ke Dompet Tunai Mitra Pengemudi.

“Grab mengimbau penumpang untuk selalu membayar biaya perjalanan sesuai dengan metode pembayaran yang sudah dipilih pada saat melakukan pemesanan layanan,” kata Dewi kepada Katadata.co.id, Kamis (4/5).

“Grab Indonesia konsisten mengedukasi dan mengingatkan mitra pengemudi (melalui Kopdar, materi edukasi lewat media sosial, notifikasi di aplikasi, dll.) untuk selalu memastikan metode dan total biaya yang harus dibayarkan penumpang setiap menyelesaikan perjalanan,” tambah dia.

Ia juga menegaskan bahwa mitra pengemudi taksi dan ojek online diimbau untuk selalu bersikap sopan dan profesional saat melayani penumpang, termasuk jika terjadi konflik dengan penumpang maupun pihak lainnya.

Gojek

Katadata.co.id mengonfirmasi kepada Gojek mengenai apa yang bisa dilakukan oleh mitra pengemudi taksi dan ojek online (ojol) jika penumpang enggan membayar. Namun belum ada tanggapan.

Sementara itu, berdasarkan laman resmi Gojek, mitra pengemudi taksi dan ojek online (ojol) bisa melaporkan hal itu melalui Pusat Bantuan. Caranya sebagai berikut:

  • Klik ‘Profil Saya’
  • Klik ‘Bantuan’
  • Pilih ‘Topik atau Layanan’
  • Pilih ‘Subtopik atas masalah yang dihadapi’
  • Baca penjelasan atau instruksi
  • Klik ‘email’ atau ‘telepon’ jika masih membutuhkan bantuan

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...