Mundur dari CEO GoTo, Andre Soelistyo Beri Pesan ke Driver Gojek
GoTo Gojek Tokopedia menunjuk Patrick Walujo sebagai CEO baru menggantikan Andre Soelistyo. Andre pun memberikan pesan kepada mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol, serta konsumen.
Perubahan pengurus diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa yang akan diselenggarakan pada 30 Juni. Perseroan mengusulkan 9 agenda RUPST dan 2 di RUPSLB, salah satunya terkait perubahan dewan direksi dan komisaris.
Perusahaan menominasikan Patrick Sugito Walujo sebagai direktur utama atau CEO menggantikan Andre Soelistyo. Pergantian itu akan efektif setelah mendapatkan restu pemegang saham.
Veteran Gojek, yakni Thomas Husted dinominasikan sebagai wakil direktur utama, yang nantinya mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer.
Sementara itu, Andre Soelistyo akan mengisi dewan komisaris, bertukar posisi dengan Patrick Walujo. Perseroan juga mengusulkan Agus DW Martowardojo menjadi komisaris utama menggantikan Garibaldi Thohir.
“Andre Soelistyo mengundurkan diri dari posisinya sebagai direktur utama," tulis manajemen GoTo dalam keterangan resmi, Kamis (8/6).
Ia akan mengawasi dan memberikan arahan strategis kepada manajemen guna menuju target EBITDA yang disesuaikan positif pada akhir tahun dan pertumbuhan berkelanjutan dalam jangka panjang,” tulis manajemen.
Andre pun menyampaikan alasannya mundur, dan memberikan pesan kepada mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol hingga konsumen. Hal ini ia sampaikan dalam laman LinkedIn, sebagai berikut:
Sebagai pemimpin, kita perlu tahu kapan harus mundur dan memberikan ruang kepada generasi baru untuk maju. Tujuan saya adalah selalu membangun perusahaan yang dapat melampaui para pendiri, dan dengan kemajuan bagus yang dibuat GoTo tahun ini, ini terasa seperti waktu yang tepat.
Itu sebabnya kemarin kami mengumumkan keputusan saya untuk mundur sebagai CEO GoTo, untuk mengambil peran sebagai komisaris dan wakil ketua dewan.
Saya sangat bangga dengan apa yang telah dicapai semua orang di perusahaan bersama-sama. Kami membuat hal yang tidak mungkin menjadi mungkin, berkembang dari aplikasi sederhana dengan hanya tiga layanan dan platform e-commerce, menjadi perusahaan gabungan yang mengubah kehidupan jutaan orang.
Dan selama itu semua, kami tetap setia pada misi, berfokus pada penyelesaian masalah bagi orang-orang, memberdayakan mitra, dan meningkatkan kehidupan. Semangat ini adalah bagian dari warisan GoTo, dan akan selalu menjadi inti dari diri kami sebagai perusahaan.
Kepada karyawan, mitra pengemudi, merchant, dan konsumen kami, terima kasih telah percaya pada GoTo dan misi kami, serta mendukung kami. Saat kita melihat ke fase selanjutnya, saya yakin bahwa semangat GoTo dan semangat tanpa henti untuk membuat dampak akan terus hidup.