Diskon dan Promosi Berkurang, Transaksi Gojek Turun

Lenny Septiani
16 Agustus 2023, 13:06
gojek, ojek online, ojol
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Pengemudi ojek online menunggu penumpang di depan Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Banten, Selasa (9/8/2022).

Gojek mencatatkan penurunan nilai transaksi bruto atau gross transaction value (GTV) 7% secara tahunan alias year on year (yoy). Namun beban dari bakar uang menurun.

Transaksi Gojek turun dari Rp 28,9 triliun selama Semester I 2022 menjadi Rp 27 triliun pada Januari – Juni tahun ini. Data ini menghitung layanan:

  • Berbagi tumpangan atau ride hailing seperti ojek online alias ojol GoRide, taksi online GoCar
  • Pesan-antar makanan GoFood
  • Pengiriman GoSend

GTV secara kuartalan juga menurun 8,6%. “Ini karena rasionalisasi insentif untuk konsumen profitabel,” kata Gojek dalam laporan keuangan GoTo Gojek Tokopedia, Rabu (15/8).

Selain itu, dipengaruhi oleh tingginya jumlah hari libur umum di Indonesia selama kuartal II atau April - Juni. Hal ini kemudian berdampak pada layanan mobilitas dan pesan-antar makanan.

Gojek memang mengurangi anggaran insentif dan pemasaran produk, termasuk diskon, 35% selama kuartal II. Ini setara dengan penghematan Rp 1 triliun dalam tiga bulan.

Meski begitu, pengurangan diskon dan promosi berpengaruh terhadap margin kontribusi positif yang naik 853 basis poin yoy menjadi 4,7% terhadap total transaksi alias GTV. Hal ini juga berpengaruh terhadap perbaikan kinerja keuangan.

Rincian kinerja keuangan Gojek selama Semester I sebagai berikut:

  • Pendapatan bruto naik 8% dari Rp 5,5 triliun menjadi Rp 5,9 triliun
  • GTV turun 7% dari Rp 28,9 triliun menjadi Rp 27 triliun
  • Margin kontribusi membaik dari negatif Rp 1,3 triliun menjadi positif Rp 1,14 triliun
  • Laba perusahaan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi atau EBITDA yang disesuaikan naik 87% dari negatif Rp 3,1 triliun menjadi minus Rp 410 miliar

Meski transaksi menurun, Gojek mencatat bahwa berdasarkan analisis internal menunjukkan unit bisnis On-Demand Services dapat menggandakan potensi pasar, jika bisa menjangkau lebih banyak kelompok konsumen yang memprioritaskan harga.

“Oleh karena itu, GoTo Gojek Tokopedia akan berfokus menjangkau kelompok konsumen ini dengan produk menarik yang menawarkan fleksibilitas dan kualitas tinggi, khususnya GoFood Hemat, GoCar Hemat, dan GoTransit Multimoda,” kata Gojek.

Reporter: Lenny Septiani

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...