Pesaing di Bisnis Ojol Bertambah, Gojek dan Grab Justru Berebut Pasar Baru

Desy Setyowati
20 Agustus 2024, 15:45
gojek, grab, ojek online, ojol,
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Pengemudi ojek online menangkut penumpang di Shelter Kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020).
Button AI Summarize

Gojek dan Grab berebut pasar baru yakni voucer kuliner di tengah bertambahnya pemain di bisnis taksi dan ojek online alias ojol bertambah dengan kehadiran Lalamove.

Grab mengubah GrabFood Dine In Deals yang dirilis pada Juli 2023 menjadi GrabFood Dine Out Deals bulan ini. Perusahaan ride hailing asal Singapura itu menawarkan voucer dan diskon hingga 50%.

Head of Marketing GrabFood Grab Indonesia Hadi Surya Koe mengatakan, Dine Out Deals hadir untuk menjawab tren makan di restoran beramai-ramai yang meningkat pasca-pandemi corona.

“Saat ini, kami melihat antusiasme tinggi dari konsumen terhadap salah satu produk GrabFood yang menghadirkan diskon dan voucer makan di tempat ini. Hal ini yang menjadi landasan kami untuk terus menghadirkan ragam promo menarik untuk layanan Dine Out Deals,” ujar Hadi dalam keterangan pers, pekan lalu (15/8).

Hadi menjelaskan, layanan tersebut telah berkolaborasi dengan belasan ribu restoran di lebih dari 50 kota di Indonesia atau naik 400% lebih sejak diluncurkan.

Gojek juga merambah bisnis yang sama lewat GoDineIn yang dirilis pada Juli 2024. Perusahaan menyediakan voucer untuk makan di restoran pilihan dengan diskon hingga 25%.

GoDineIn baru tersedia di Jakarta. Gojek baru menggandeng sejumlah restoran seperti Cut & Grill, Common Grounds, Braud, Seroeni, Kintaro Sushi hingga Warung Tekko.

Head of Marketing Food & Ads Gojek Ignatius Satrio mengatakan, peluncuran GoDineIn dilatarbelakangi oleh gaya hidup urban di kota-kota besar yang gemar ke restoran atau kafe untuk bersosialisasi, merayakan momen kebersamaan, atau sekadar ‘nongkrong’ sambil makan.

“Di Gojek, kami selalu melihat apa yang menjadi kebutuhan pengguna. Dari berbagai penikmat makanan, kami melihat ada beberapa tipe berdasarkan motivasi mereka dalam menyantap makanan, yaitu functional eater, social eater, reasonable indulger, mindful eater, dan food enthusiast,” kata pria yang akrab disapa Rio itu dikutip dari keterangan pers, pada Juli (11/7).

Riset internal Gojek menunjukkan, social eater, mindful eater dan food enthusiast cenderung memiliki ketertarikan terhadap aktivitas sosial, seperti makan di luar.

Data itu sejalan dengan riset Ipsos Global bertajuk Global Happiness 2024 Report yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di Asia Tenggara atau ketiga di dunia. Hubungan dengan keluarga dan teman menjadi salah satu variabel terpenting yang menentukan kebahagiaan masyarakat Tanah Air.

Di Indonesia, tingkat kepuasan terkait hubungan dengan keluarga Indonesia dan teman menduduki tingkat kepuasan yang tinggi, yaitu masing-masing 89% dan 85% atau melampaui nilai rata-rata global.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...