Beda Layanan Ojol Zendo Muhammadiyah dan NUjek PBNU dengan Gojek dan Grab
Organisasi masyarakat Nahdlatul Ulama atau NU dan Muhammadiyah sama-sama mengelola platform ojek online alias ojol, dengan nama NUjek dan Zendo. Berikut perbedaan layanan keduanya dengan Gojek dan Grab.
NUjek didirikan oleh alumni Pondok Pesantren Terpadu Al-Yasini, Pasuruan, Jawa Timur Mochammad Ghozali. Platform ojek online atau ojol ini diluncurkan pada 17 Agustus 2018.
Platform itu mengusung jargon ‘Dari Santri untuk Negeri dan Berdayakan Ekonomi Umat’. NUjek merupakan singkatan dari Nusantara Ojek Online.
Dikutip dari laman resmi, NUjek yang dikelola oleh PBNU berencana meluncurkan fitur nu-STAY. Namun belum ada keterangan mengenai layanan ini.
Sementara itu, Zendo dikelola oleh Serikat Usaha Muhammadiyah atau SUMU. Platform ojek online atau ojol yang hadir sejak 2015 ini sudah tersedia di lebih dari 70 kota.
Dilansir dari situs resmi, Zendo menawarkan berbagai layanan transportasi dan kebutuhan harian yang dapat diakses melalui aplikasi maupun WhatsApp.
Zendo telah menggandeng lebih dari 700 mitra pengemudi dan 2.000 mitra layanan. Jumlah pengguna aktif melampaui 100 ribu orang.
Beda Layanan Ojol Zendo, NUjek, Gojek, Grab
Layanan NUjek yang dikelola oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama atau PBNU di antaranya:
- nu-RIDE atau ojol: layanan antar-jemput penumpang dengan kapasitas satu orang
- nu-TAXI alias taksi online: layanan antar-jemput penumpang dengan kapasitas satu sampai empat orang
- nu-FAST atau pengantaran barang dengan dimensi maksimal 30x30x30 dan berat paling besar 30 kg
- nu-CARGO alias layanan pengantaran barang dengan dimensi maksimal 100x90x90 dan berat paling besar 150 kg
- nu-FOOD : layanan pesan antar makanan dan minuman
- nu-MART : layanan belanja kebutuhan harian
- nu-SERV : layanan jasa profesional dan rental yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dan kebutuhan
Layanan Zendo Muhammadiyah sebagai berikut:
- Zendo Bike: Layanan transportasi motor untuk perjalanan singkat
- Zendo Car: Transportasi mobil yang cocok untuk perjalanan keluarga dan bisnis
- Zendo Delivery: Layanan pengiriman barang yang aman dan cepat
- Zendo Food: Pesan-antar makanan dari berbagai restoran
- Zendo Shopping: Layanan belanja kebutuhan harian
Layanan Gojek di antaranya:
- GoRide: Layanan transportasi roda dua
- GoCar: Layanan transportasi roda empat
- GoFood: Layanan pesan-antar makanan
- GoSend: Layanan pengiriman barang atau dokumen
- GoMart: Belanja kebutuhan sehari-hari dari toko terdekat
- GoShop: Membeli barang khusus di toko tertentu sesuai permintaan
- GoTix: Pemesanan tiket acara, film, atau hiburan lainnya
- GoBluebird: Pemesanan taksi Bluebird langsung dari aplikasi
- GoPulsa: Pengisian pulsa atau paket data
- GoTagihan: Pembayaran tagihan (listrik, air, internet, dll)
- GoDineIn: Voucer kuliner
- GoPay: Dompet digital untuk pembayaran layanan dan transaksi lainnya
- GoPayLater: Fitur pembayaran 'beli sekarang, bayar nanti'
Daftar layanan Grab yakni:
- GrabBike: Layanan transportasi roda dua
- GrabCar: Layanan transportasi roda empat
- GrabFood: Layanan pesan-antar makanan
- GrabExpress: Layanan pengiriman barang atau dokumen
- GrabMart: Belanja kebutuhan harian dari toko terdekat
- GrabRent: Sewa kendaraan dengan supir untuk jangka waktu tertentu
- OVO (Dompet Digital): Untuk pembayaran layanan dan transaksi lainnya
- OVOPayLater: Fitur pembayaran tunda
- GrabDineOut: voucer kuliner