Hampir 600 Juta Penduduk Dunia Diprediksi Pakai Internet 5G Tahun Ini

Fahmi Ahmad Burhan
17 Juni 2021, 12:08
internet 5g, 5g, ponsel 5g
ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee
Tanda 5G terpasang di World 5G Exhibition di Beijing, Tiongkok, Jumat (22/11/2019).

Laporan terbaru dari perusahaan telekomunikasi asal Swedia, Ericsson menunjukkan bahwa akan ada 580 juta penduduk dunia yang menggunakan internet generasi kelima alias 5G tahun ini. Ini karena penjualan ponsel pintar (smartphone) 5G.

Dalam laporan bertajuk Ericsson Mobility Report Juni 2021 itu, setiap hari ada satu juta pengguna baru teknologi 5G di dunia. Pasar yang paling besar yakni Tiongkok dengan 404 juta pelanggan.

Advertisement

Jumlah pengguna 5G diperkirakan lebih dari setengah miliar pada akhir tahun. Angkanya meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan tahun lalu 220 juta penduduk.

Pemakai layanan 5G diprediksi melonjak lagi menjadi 3,5 miliar pada 2026. Pasar terbesar saat itu diperkirakan Asia Timur Laut, dengan 1,4 miliar pelanggan.

Executive Vice President and Head of Networks Ericsson Fredrik Jejdling mengatakan, 5G merupakan teknologi internet yang cepat diadopsi masyarakat dunia. Jumlah penggunanya melampaui satu miliar pelanggan dalam dua tahun lebih cepat dibandingkan 4G.

"Bisnis dan masyarakat juga sudah bersiap menghadapi dunia pasca-pandemi. Lalu digitalisasi bertenaga 5G memainkan peran penting," kata Fedrik dikutip dari laporan Ericsson, Rabu (16/6).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement