7 Aplikasi untuk Mengamati Fenomena Planet Sejajar Besok Pagi

Desy Setyowati
23 Juni 2022, 16:55
Fenomena planet sejajar, PLANET SEJAJAR, NASA
NASA
Fenomena planet sejajar

Fenomena planet sejajar akan terjadi besok (24/6) sekitar Pukul 04.30 – 05.30 waktu setempat. Kejadian ini disebut-sebut berlangsung selama 72 – 24 menit sebelum matahari terbit.

Planet yang akan bergerak sejajar yakni Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. BBC Science Focus melaporkan, kelimanya terakhir kali sejajar dengan cara yang sama pada 2004.

Advertisement

Fenomena planet sejajar itu baru akan terjadi lagi pada 2041.

Berdasarkan laman Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena planet sejajar bisa disaksikan secara kasat mata atau tanpa alat bantu. Bulan sabit bakal terlihat di antara Venus dan Mars.

Namun, perlu dipastikan untuk memilih tempat dengan pemandangan cakrawala timur dan selatan yang tidak terhalang. Dengan begitu, bisa menyaksikan fenomena planet sejajar dan bulan dengan jelas.

Sebenarnya Uranus juga bergerak sejajar. Namun masyarakat memerlukan teleskop minimal berukuran lensa 10 cm untuk dapat melihatnya.

Selain itu, ada tujuh aplikasi yang bisa digunakan untuk melihat planet dan benda langit lainnya, yakni:

1. Google Sky

Aplikasi ini memungkinkan Anda menjelajahi jangkauan luar angkasa melalui ‘mata’ Teleskop Luar Angkasa Hubble, Sloan Digital Sky Survey, dan Digitalized Sky Survey. Platform ini tersedia gratis di ponsel atau desktop.

Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Klik fitur di bagian bawah layar untuk mempelajari lebih lanjut tentang tata surya, konstelasi, galaksi dan nebula, pemandangan alam semesta dalam sinar-x, ultraviolet, dan inframerah
  • Gunakan bilah geser untuk melihat gambar langit karya Giovanni Maria Cassini
  • Temukan di mana planet-planet berada di langit pada waktu tertentu dengan mengetik nama planet di kotak pencarian

2. SkySafari

Pengguna perlu membayar mulai dari US$ 5 untuk mengunduhnya di perangkat berbasis iOS. Sedangkan di Android, aplikasi ini tersedia gratis.

Anda dapat mengarahkan kamera ponsel ke langit untuk mengidentifikasi planet, konstelasi, bintang, dan satelit. Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melihat seperti apa langit ribuan tahun yang lalu, atau perkiraannya di masa depan.

Anda juga bisa menyimulasikan hujan meteor yang telah terjadi, komet yang mendekat, dan peristiwa langit lainnya seperti gerhana.

3. Star Tracker

Aplikasi Star Tracker berfungsi di iOS (lite) dan Android untuk menampilkan 88 konstelasi, lebih dari 8.000 objek langit, serta matahari, bulan, dan planet. Semuanya dapat dilihat secara real time.

Aplikasi itu menggunakan kompas 3D dalam mode augmented reality (AR) yang menunjukkan posisi objek yang Anda cari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement