Ponsel Kripto Pertama Siap Meluncur di Tengah Anjloknya Bitcoin cs

Fahmi Ahmad Burhan
4 Juli 2022, 11:57
mata uang kripto,
Bloomberg
Ilustrasi mata uang kripto

Pengembang teknologi blockchain Solana Labs telah mengumumkan rencana peluncuran ponsel pintar atau smartphone kripto pertama di dunia. Meskipun, saat ini harga sejumlah mata uang kripto (cryptocurrency) terus melorot.

Ponsel dari Solana Labs ini bernama Saga. Ponsel ini akan beroperasi di sistem operasi Android. "Saga akan mengguncang fitur blockchain-centric yang pada dasarnya memberi pengguna jalur lebih aman dalam memegang dan memperdagangkan kripto serta NFT alias non-fungible token," demikian dikutip dari TechCrunch pada akhir pekan lalu (2/7)

Saga akan menampilkan spesifikasi tingkat atas dan unggulan, termasuk cip (chipset) Snapdragon 8+ Gen 1. Kemudian, Solana Labs menyematkan layar OLED pada Saga.

Ponsel ini mempunyai RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512GB. Rencananya, ponsel ini akan dirilis pada awal 2023.

Dikutip dari Decrypt, ponsel ini diperkirakan memiliki harga sekitar US$ 1.000. Sementara pembeli awal akan menerima NFT edisi terbatas yang menandai peluncuran ponsel.

Selain ponsel, Solana Labs akan mengembangkan Solana Mobile Stack (SMS). Ini merupakan perlengkapan perangkat lunak sumber terbuka yang dirancang untuk memungkinkan pengembangan aplikasi Android asli di blockchain.

Kemudian, ada fitur khusus seperti Seed Vault. Fitur ini menjadi solusi penyimpanan perangkat lunak yang bisa menjaga kata sandi dalam membuka dana kripto.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...